DetikSepakbola
Senin 20 May 2013, 17:24 WIB

Final Liga Champions Dipimpin Orang Italia

- detikSport
Final Liga Champions Dipimpin Orang Italia Valerio Pennicino/Getty Images
Nyon - Duel sesama tim Jerman di final Liga Champions akhir pekan ini akan dipimpin oleh seorang Italia. Wasit terpilih adalah Nicola Rizzoli.

Demikian diumumkan UEFA, Senin (20\/5\/2013), menjelang puncak kompetisi kasta tertinggi di Eropa itu, yang akan digelar di stadion Wembley, London, Inggris, pada 25 Mei mendatang.

Rizzoli akan dibantu dua kompatriotnya, Renato Faverani dan Andrea Stefani, sebagai asisten wasit. Adapun ofisial keempat adalah Damir Skomina dari Slovenia.

Bagaimana trek rekor Rizzoli? Saat ini ia berusia 41 tahun, dan jika tidak bekerja di lapangan hijau ia adalah seorang arsitek.

Sudah menjadi wasit di Serie A sejak 2002, ia mengantongi lencana FIFA dari tahun 2007. Satu setengah tahun kemudian ia mendapatkan pertandingan pertamanya di babak grup Liga Champions. Sebagai pembanding, wasit top Italia lain, Roberto Rosetti, memerlukan tiga tahun untuk mendapatkan kesempatan serupa.

Karier Rizzoli tergolong cepat. Di awal musim 2009\/2010 ia dipromosikan ke dalam kategori elite. Ia terpilih sebagai wasit untuk final Europa League 2010 di Hamburg, Jerman, ketika Atletico Madrid mengalahkan Fulham 2-1 lewat perpanjangan waktu.

Rizzoli juga tampil di Piala Eropa 2012, memimpin tiga pertandingan, salah satunya Inggris kontra Prancis di babak grup. Ia juga ditugasi menjadi ofisial untuk pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2010 dan 2014.

Total, pria kelahiran 5 Oktober 1971 itu telah mewasiti 26 pertandingan Liga Champions, termasuk empat di musim ini, termasuk Malaga vs Porto di babak 16 besar. Di negaranya, ia dinobatkan sebagai wasit terbaik 2012<\/span><\/a>.

Bayern Munich, yang akan berhadapan dengan Dortmund di Wembley nanti, pernah merasakan pekerjaan Rizzoli. Pada
7 April 2010<\/span><\/a>, di leg<\/em> kedua babak perempatfinal melawan Manchester United di Old Trafford, Rizzoli-lah wasitnya.

Dalam kedudukan 3-1 untuk MU (unggul 4-3 secara agregat), Rizzoli mengusir bek kanan Rafael karena dua kartu kuning di menit 50. Bayern kemudian mencetak gol melalui Arjen Robben di menit 74. Walau kalah 2-3, Bayern lolos ke semifinal berkat keunggulan gol tandang dalam skor agregat 4-4.




(a2s/nds)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed