DetikSport
Minggu 08 Dec 2013, 14:57 WIB

Bajak Jakarta 10K, Saat Stasiun Kereta \'Dikuasai\' Para Pelari

- detikSport
Bajak Jakarta 10K, Saat Stasiun Kereta \Dikuasai\ Para Pelari detiksport/lucas
Jakarta - Sekitar 100 pelari \\\"menguasai\\\" stasiun Sudirman, Jakarta, Minggu (8\/12\/2013) pagi WIB. Mereka mendapatkan kesempatan latihan menjelang event #bajakJKT 10K yang bakal dihelat akhir pekan depan.

Mulai pukul 6.00 WIB, sekitar 100 orang calon peserta #bajakJKT 10K yang mendapatkan undangan dari Nike<\/em><\/strong> lewat surat elektronik, satu per satu sudah mulai berkumpul.

Pemanasan merupakan satu hal wajib sebelum melakukan olahraga lari. Dipandu oleh Nike Training Club Trainer<\/em> Laila Munaf, para peserta Nike #BajakStasiun mulai merenggangkan badan.

\\\"\\\"Gerakan squats<\/em> dan beberapa gerakan pemanasan pergelangan kaki menjadi menu yang diberikan sembari menunggu kereta yang akan membawa para peserta ke stasiun Tanah Abang.

Usia kereta yang ditunggu tiba, satu gerbong \\\"dibajak\\\" oleh para peserta #bajakStasiun. Bukan hanya duduk menunggu kereta tiba di stasiun tujuan, pemanasan juga dilanjutkan dalam gerbong.

Push-up<\/em>, peregangan betis, dan beberapa gerakan pemanasan lainnya yang dilakukan di dalam gerbong kereta menjadi pengalaman baru buat para peserta.

Satu seremoni pemberian tanda #bajakJakarta 10K dilakukan lebih dulu sesampainya di stasiun Tanah Abang. Lalu, acara utama yakni lari lantas di mulai.

Acara lari kali ini menempuh jarak sekitar delapan kilometer. Rutenya, Stasiun Tanah Abang-Perempatan Bank Indonesia-Silang Monas-Bundaran HI-Jalan Sudirman (depan gedung Prudential)-Bundaran HI- Stasiun Sudirman.

\\\"Acaranya seru, surprise<\/em> juga tadi pemanasannya di kereta. Kalo soal trek larinya saya sudah sering lari di sini, jadi nggak aneh buat aku,\\\" ungkap salah satu peserta bernama Astri Dewi.
\\\"\\\"


Soal pemilihan stasiun sebagai tempat yang \\\"dibajak\\\" dalam acara kali ini Field Marketing <\/em>Nike Dian Maya Puspitasari mengungkapkan alasannya.

\\\"Di Jakarta ini ruang terbuka untuk melakukan aktivitas olahraga sangat minim, jadi banyak tempat yang dekat dengan keseharian bisa dieksplor, salah satunya adalah kereta yang merupakan alat transportasi sehari-hari yang safe dan bisa menampung banyak,\\\" ungkap Dian.

\\\"Banyak tempat yang bisa di eksplor, jadi harus kreatif, sehingga tak ada alasan untuk tidak berolahraga,\\\" tambahnya.

Soal acara #bajakJakarta 10K yang akan digelar, Minggu (15\/12\/2013) pagi pekan depan, Dian juga menuturkan persiapannya.

\\\"Tinggal menunggu hari-H saja. Persiapannya sudah hampir 100 persen. Soal safety <\/em>harus menjadi prioritas. Bakal ada sesuatu yang berbeda dan surprise<\/em>,\\\" jelas Dian.

\\\"\\\"

Agar bisa menyelesaikan #bajakJakarta 10K, trainee<\/em> Nike yang berasal dari Univesitas Negeri Jakarta Endah berbagi tips.

\\\"Atur kecepatan, atur nafasnya, dan kalau bisa sejak mulai start<\/em> harus bisa sedikit kencang. Bukan seperti tadi yang cuma lari joging, jadi harus sedikit cepat pada 100 meter pertama dan kecepatannya harus dijaga agar tetap stabil dan satu kilo terakhir harus terus naik,\\\" terang Endah.

\\\"Pernafasan sebisa mungkin gunakan mulut dan hidung, dan jangan ngobrol saat lari, fokus saja di napas. Ikuti saja irama nafas saat berlari,\\\" imbuhnya.

Sebelum #BajakStasiun, dua acara serupa juga telah dihelat. \\\"Bajak\\\" Hotel yang bertempat di Hotel Sultan pada digelar awal November lalu. Acara itu dihadiri oleh sprinter<\/em> asal Amerika Serikat peraih medali emas Olimpiade 2012 Allyson Felix .

Sementara yang satunya, \\\"Bajak\\\" Pulau yang berlangsung pada 17 November lalu, berlangsung di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu.


(cas/a2s)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed