Back to Top
Medali Emas, Asli atau...?

1

Medali Emas, Asli atau...?

Olimpiade terakhir yang benar-benar memberikan potongan emas untuk peraih medali emas adalah di Swedia pada 1912. Setelah itu medali emas yang diberikan ke atlet terbuat dari perak dengan kandungan setidaknya 92,5% dan minimum dilapisi emas seberat 6 gram.

Next
Abede Bikila dan Kaki Telanjangnya

2

Abede Bikila dan Kaki Telanjangnya

Ethiopia dikenal sebagai penghasil atlet lari jarak jauh. Tapi namanya tidak ada yang melegenda seperti Abebe Bikila, di mana pada 1960 dia meraih medali emas di Olimpiade Roma untuk lari marathon setelah menuntaskan lomba dengan telanjang kaki, alias menyeker.

Next
Serangan Teror di Munich

3

Serangan Teror di Munich

Munich 1972 menjadi yang terkelam sepanjang sejarah Olimpiade. Ada 11 atlet dan pelatih asal Israel meninggal dunia, dan juga petugas kepolisian Jerman, akibat serangan teroris.

Next
Emas di Usia 13 Tahun

4

Emas di Usia 13 Tahun

Fu Mingxia masih memegang rekor sebagai atlet termuda yang memenangi emas Olimpiade. Di usia `13 tahun dia menjadi yang terbaik di lompat indah pada Olimpiade 1992.

Next
Cassius Clay alias Muhammad Ali

5

Cassius Clay alias Muhammad Ali

Sebelum berganti nama menjadi Muhammad Ali dan mengukuhkan dirinya sebagai salah satu yang terbaik sepanjang sejarah tinju, Cassius Clay tampil di Olimpiade 1960. Dikisahkan kalau Cassius Clay ketika itu masih takut terbang, namun 'The Greatest' berhasil mengalahkan ketakutannya dan akhirnya pulang membawa medali emas.

Next
Oscar Swahn Olimpian Tertua

6

Oscar Swahn Olimpian Tertua

Atlet menembak dari Swedia yang berpartisipasi di Olimpiade 1908 dan 1912 ini masih tercatat sebagai Olimpian tertua. Oscar Swahn berusia 72 tahun saat tampil di Olimpiade 1912.

Next
Boikot Olimpiade

7

Boikot Olimpiade

Dipimpin oleh Amerika Serikat, sebanyak 65 negara memutuskan memboikot Olimpiade 1980 yang digelar di Moskow, Russia. Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes karena Uni Soviet melakukan invasi pada Afganistan.

Next
Debut China dan Uni Soviet di Olimpiade

8

Debut China dan Uni Soviet di Olimpiade

Olimpiade Helsinki pada 1952 dihadiri oleh tiga negara peserta baru yakni Uni Soviet, China, dan Israel. China mengirim 40 atlet di kesempatan tersebut, tapi cuma satu orang yang datang tepat waktu untuk mengikuti perlombaan. Negara tersebut lantas absen panjang sampai baru kembali berpartisipasi di 1984.

Next
Lomba Melukis, Mematung dan Literatur

9

Lomba Melukis, Mematung dan Literatur

Mulai 1912 sampai 1948, Olimpiade meliputi beberapa even olahraga artistik. Termasuk di dalamnya musik, literatur, melukis, mematung, dan arsitektur.

Next
Marathon Menumpang Mobil

10

Marathon Menumpang Mobil

Fred Lorz memenangi marathon pada Olimpiade 1904 di St Louis. Tapi kemenangan itu langsung dibatalkan karena dia ketahuan menumpang mobil yang melintas dan turun saat balapan tersisa 11 km.

Next
Tayangan Langsung Olimpiade

11

Tayangan Langsung Olimpiade

Baru pada Tokyo 1964 Olimpiade mengenal siaran langsung. Menggunakan satelit, Olimpiade itu ditayangkan langsung secara internasional.

Next
Perkenalan Olimpiade pada Televisi

12

Perkenalan Olimpiade pada Televisi

Berlin 1936 menjadi tonggak sejarah Olimpiade. Di tahun itu untuk kali pertama televisi datang untuk melakukan peliputan. Tentu saja belum ada tayangan langsung. Siaran Olimpiade ketika itu hanya disiarkan di Kota Helsinki (tuan rumah) dan Kota Potsdam.

Next
Diserang Dekat Garis Finis

13

Diserang Dekat Garis Finis

Anda tidak akan pernah tahu apa yang bisa terjadi di lomba marathon. Pada Olimpiade 2004 Vaderlei Lima (Brasil) tengah memimpin balapan saat tiba-tiba seorang menyerangnya dari menariknya ke tribun. Vaderlei batal menang dan cuma finis ketiga, sementara si penyerang cuma meminta maaf dan berkata dia melakukan itu 'karena mabuk'.

Next
Kipchogwe Keino Mengalahkan Macet dan Meraih Emas

14

Kipchogwe Keino Mengalahkan Macet dan Meraih Emas

Kipchogwe Keino nyaris tidak tidak ikut nomor final lari 1.500 meter pada Olimpiade 1968 di Meksiko City lantaran mengalami kram perut dan bis yang membawanya ke stadion terjebak macet. Pelari asal Kenya itu memutuskan berlari menuju stadion. Saat lomba ternyata dia bisa menang dan meraih emas.

Next
Lomba Menembak Merpati

15

Lomba Menembak Merpati

Pada Olimpiade Paris tahun 1900 masih ada lomba menembak burung merpati. Leon de Lunden (Belgia) meraih emas ketika itu setelah menembak mati 21 merpati. Total ada 300 burung terbantai ketika itu. Lomba yang sama tidak pernah diadakan lagi di Olimpiade.

Next
Kaki Kayu George Eyser

16

Kaki Kayu George Eyser

Pesenam asal Amerika Serikat, George Eyser, meraih enam medali dalam satu hari di Olimpiade 1904 (tiga di antaranya adalah emas). Eyser meraih sukses tersebut meski salah satu kakinya terbuat dari kayu, setelah dia kehilangan kaki saat remaja karena dilindas kereta.

Next
Tujuh Emas Mark Spitz

17

Tujuh Emas Mark Spitz

Sebelum Phelps merajai kolam renang Olimpiade, Amerika Serikat lebih dulu memiliki Mark Spitz. Di Munich 1972 dia mengumpulkan tujuh medali emas. Tapi karena memeluk agama Yahudi dia diminta meninggalkan Munich sebelum Olimpiade tuntas demi keselamatannya sendiri.

Next
Saat Atlet Menghajar Wasit

18

Saat Atlet Menghajar Wasit

Angel Martos (Kuba) didiskualifikasi pada perebutan medali perunggu cabang taekwondo Olimpiade 2008 karena terlalu lama melakukan time out cedera. Tak terima keputusan tersebut dia memprotes dengan menendang wajah salah seorang wasit. Aksinya tak berhenti sampai di situ karena dia kemudian memukul seorang wasit yang lain. Matos dan pelatihnya kemudian terkena larangan tanding seumur hidup.

Next
Perfect 10 Nadia Comaneci

19

Perfect 10 Nadia Comaneci

Kesempurnaan itu ada. Nilai sempurna pertama di nomor senam tercipta atas nama Nadia Comaneci di olimpiade Montreal 1976. Berusia 14 tahun ketika itu, Comaneci total meraih tiga medali emas untuk Romania.

Next
Pengaturan Hasil di Tinju

20

Pengaturan Hasil di Tinju

Di Olimpiade 1998 Roy Jones Jr melepaskan 86 pukulan saat berduel dengan petinju tuan rumah, Park Si-Hun. Tapi hakim pertandingan memutuskan memberi kemenangan pada Park meski dia hanya melepaskan 32 pukulan. Beberapa tahun kemudian baru diketahui kalau hakim telah disuap oleh ofisial tuan rumah.

Next
Lembar Hitam dari Cabang Bulutangkis

21

Lembar Hitam dari Cabang Bulutangkis

Bulutangkis adalah olahraga yang minim kontroversi. Tapi pada London 2012 delapan pasangan dari nomor ganda putri harus didiskualifikasi karena dianggap 'tidak menunjukkan upaya terbaiknya' untuk memenangi pertandingan. Mereka dianggap sengaja mengalah di fase grup demi mendapat lawan yang lebih ringan di babak selanjutnya.

Next
Sponsor Resmi Pertama

22

Sponsor Resmi Pertama

Amsterdam juga mencatat sejarah lain dalam perjalanan Olimpiade modern. Saat jadi tuan rumah di tahun 1928 mereka menggandeng Coca Cola sebagai official games sponsor. Itu menjadi kesepakatan sponsor resmi Olimpiade pertama.

Next
Debut Api Olimpiade

23

Debut Api Olimpiade

Olimpiade Amsterdam tahun 1928 menandai debut dinyalakannya api Olimpiade pada cauldron dalam opening ceremony.

Next
Soal Logo Lima Ring dan Burung Merpati

24

Soal Logo Lima Ring dan Burung Merpati

Olimpiade 1920 yang digelar di Antwerp menandai kemunculan perdana logo lima ring. Pada Olimpiade ini, juga untuk kali pertama, dilakukan seremoni pelepasa burung merpati yang kemudian selalu diulang dari satu Olimpiade ke Olimpiade lain.

Next
Burung Dara Panggang di Seoul

25

Burung Dara Panggang di Seoul

Momen mengejutkan sudah terjadi di upacara pembukaan Olimpiade 1988 yang dilangsungkan di Seoul. Salah satu acara dalam opening ceremony adalah pelepasan puluhan burung merpati. Bukannya terbang bebas, burung-burung itu malah banyak yang berkumpul di cauldron. Saat api Olimpiade akhirnya dinyalakan, beberapa burung terbakar di sana.

Next
Kolam Emas Michael Phelps

26

Kolam Emas Michael Phelps


Bukannya berlebihan, tapi cuma ada satu nama yang begitu bersinar di pekan pertama Olimpiade 2008. Dari kolam renang Phelps dengan mudahnya mengumpulkan emas demi emas untuk Amerika Serikat. Total ada delapan emas yang dia dapat saat itu, setelah meraih enam emas di Athena 2004. Delapan emas di satu Olimpiade hingga kini masih menjadi rekor yang belum terpecahkan.

Next
Empat Emas Carl Lewis

27

Empat Emas Carl Lewis

Jauh sebelum Usain Bolt, dunia mengenal Carl Lewis. Pada Olimpiade 1984 yang dilangsungkan di Los Angeles, Lewis mempersembahkan empat medali emas untuk Amerika Serikat. Lewis meraih emas di nomor 100 meter, 200 meter, 4 x 100 meter estafet, dan di nomor lompat jauh.

Next
The Korbut Flip

28

The Korbut Flip

Pada Olimpiade Munich tahun 1972, Olga Korbut mengubah sejarah olahraga senam palang bertingkat dengan aksi fenomenalnya. Atlet asal Rusia berusia 17 tahun itu melakukan lompatan ke arah belakang pada palang bertingkat, sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya dalam olahraga tersebut. Total tiga emas dia raih, dan lompatan yang melegenda hingga kini dengan sebutan The Korbut Flip.

Next
The Dream Team

29

The Dream Team

Pada tahun 1989 FIBA mengubah aturan dengan memperbolehkan setiap negara menurunkan pemain profesionalnya (dari sebelumnya hanya untuk pemain amatir) untuk cabang basket. Terdiri dari bintang-bintang NBA, Tim Nasional Basket Amerika Serikat ketika itu diberi julukan The Dream Team meraih medali emas. Michael Jordan dkk meraih kemenangan-kemenangan meyakinkan.

Next
Sengatan Bolt di Beijing

30

Sengatan Bolt di Beijing

Kalau ada atlet yang paling mengilap di Olimpiade 2008 maka Bolt adalah kandidat terkuat untuk dapat status tersebut. Dia menjadi sprinter pertama dalam 28 tahun yang berhasil memenangi medali emas nomor 100 dan 200 meter. Di nomor yang paling bergengsi (100 meter) dia juga memecahkan rekor dunia dengan waktu 9,69 detik.