Masukkan kata pencarian minimal 3 karakter
Searching.. Please Wait
    Gear

    Ada Sejarah Newton Heath di Kostum Baru 'Setan Merah'

    Rossi Finza Noor - detikSport
    Foto: Adidas Foto: Adidas
    Jakarta - Manchester United akhirnya merilis kostum kandang mereka untuk musim 2016/2017. Ada unsur sejarah yang terkandung dalam kostum baru The Red Devils.

    Seperti musim sebelumnya, jersey United kali ini juga didesain oleh Adidas. Deal antara United dengan Adidas sendiri berlangsung sejak 2014, di mana mereka mulai menjadi kit supplier 'Setan Merah' sejak 2015/2016 dan menandatangani kontrak senilai 750 juta poundsterling.

    Tapi, ada perbedaan dengan jersey musim lalu. Untuk musim ini, tidak ada lagi tiga strip --yang menjadi ciri khas Adidas-- di bahu dan lengan. Kini, tiga strip itu berpindah ke bagian sisi kiri dan kanan badan.

    Perubahan yang mencolok, tentu saja, adalah desain di bagian depan jersey. Ada dua tone warna yang digunakan: Merah dan Merah gelap. Kedua tone warna tersebut dipisahkan oleh pola segi enam (heksagonal) yang terbentang vertikal dari bagian leher hingga ke bagian bawah jersey.




    Ada alasan khusus mengapa Adidas menggunakan dua tone di bagian depan kostum. Menurut mereka, penggunaan dua tone tersebut didasarkan pada sejarah klub ketika dulu masih bernama Newton Heath.

    Saat masih menjadi Newton Heath, United menggunakan dua warna dalam kostum mereka: Hijau dan Kuning. Kedua warna tersebut mendominasi bagian depan kostum, di mana warna hijau terletak di sebelah kanan dan warna kuning terletak di sebelah kiri.

    Sesungguhnya, pola dengan warna serupa juga sempat digunakan oleh United pada pertengahan 1990-an. Bedanya ketika itu, warna kuning berada di bagian sebelah kanan jersey.

    "Pada tahun kedua kerja sama dengan Manchester United, Adidas telah mengambil inspirasi dari sejarah panjang klub, dengan dua tone warna yang berasal dari kostum dua tone milik Newton Heath pada 1878," demikian pernyataan klub.


    Selain mengambil dua tone sebagai inspirasi, Adidas juga menyertakan tulisan "Newton Heath" pada bagian dalam kerah.

    Kostum baru United ini sudah mulai diperjualbelikan. Bagi mereka yang ingin menyertakan nomor punggung, ada beberapa perubahan: Anthony Martial tak lagi mengenakan nomor punggung 9. Nomor tersebut sudah diberikan kepada penyerang anyar United, Zlatan Ibrahimovic. Sementara, Martial sendiri mengenakan kostum nomor 11 yang sebelumnya dikenakan Adnan Januzaj.

    (roz/rin)
    Kontak Informasi Detikcom
    Redaksi: redaksi[at]detik.com
    Media Partner: promosi[at]detik.com
    Iklan: sales[at]detik.com
    More About the Game
    gear