Masukkan kata pencarian minimal 3 karakter
Searching.. Please Wait
    Video Games

    September Ini: FIFA 17 dan PES 2017 Dirilis!

    Rossi Finza Noor - detikSport
    Foto: istimewa Foto: istimewa
    Jakarta - Buat penggemar video game sepakbola, bersiaplah. Pasalnya, dua gim sepakbola kesayangan Anda, FIFA 17 dan Pro Evolution Soccer (PES) 2017, akan dirilis bulan depan!

    Seperti dikabarkan Fox Sports, EA Sports telah mengonfirmasi bahwa FIFA 17 akan dirilis pada 29 September 2016 untuk PS4, PS3, Xbox One, dan PC. Hal ini membuat pesaingnya, Konami, mengumumkan bahwa PES 2017 akan dirilis dua pekan lebih awal, yakni pada 15 September, untuk PS4, PS3, Xbox One, Xbox 360, dan PC.

    Dari sisi grafis, ada perubahan besar yang dibuat oleh FIFA. Mereka kini beralih kepada engine Frostbite --engine yang biasa digunakan pada gim-gim seperti 'Battlefield', 'Mass Effect: Andromeda', dan 'Star Wars: Battlefront'. Dengan beralih ke Frostbite, EA Sports mengharapkan sentuhan yang lebih nyata ke dalam dunia FIFA 17.

    Frostbite diharapkan bisa menghadirkan suasana stadion seperti aslinya, plus struktur wajah pemain yang lebih riil dan perwujudan emosi yang lebih baik.



    Sementara, dari sisi game play, FIFA memang sudah berkembang lebih baik. Tetapi, PES tidak tinggal diam begitu saja. Di seri terbarunya, PES memperbaiki first touch tiap pemain dan juga presisi operan mereka. Ini, seperti dikatakan Fox Sports, untuk membuat jalannya sebuah pertandingan menjadi lebih nyata dari sebelum-sebelumnya.

    Selain dari sisi first touch dan operan pemain, ada juga perbaikan dari segi pergerakan natural pemain ketika sedang mencari ruang atau saat bertabrakan dengan pemain lainnya. Kiper juga mendapatkan perubahan signifikan. Mereka dikabarkan akan bereaksi lebih cepat menghadapi tendangan atau langsung beraksi tiap kali mendarat sehabis menangkap bola lambung.

    Fitur 'The Journey' di FIFA 17

    Salah satu fitur yang menjadi pembeda di FIFA 17 adalah 'The Journey'. Di sini, gamer bisa kan berperan sebagai Alex Hunter, pesepakbola yang memulai karirnya dari titik terendah. Bersama Hunter Anda harus menemukan cara bagaimana menjadi seorang bintang sepakbola di Premier League.

    Jika melihat trailer-nya, yang dirilis pada bulan Juni lalu, 'The Journey' sedikit berbeda dari career mode biasa. Di sini, setiap gamer tidak hanya memainkan Hunter di atas lapangan saja, tetapi juga ikut terlibat dengan kehidupannya di luar lapangan.

    Di sini, gamer akan mengontrol segala keputusan Hunter, entah itu reaksinya kepada rekan setim, apa yang ia bicarakan, serta komentarnya terhadap fans, agen, dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Jalan cerita 'The Journey' ini akan didasari oleh segala keputusan yang dibuat oleh gamer.



    "Ditenagai oleh Frostbite. The Journey adalah mode naratif sinematik baru di FIFA 17 untuk Xbox One, PlayStation 4, dan PC yang memunkinkan Anda membuat jejak dalam pengalaman sebagai seorang pesepakbola profesional," tulis EA dalam keterangannya seperti dilansir oleh Gamespot.

    Bagaimana dengan PES 2017? Konami dikabarkan sudah memperbaiki Master League, di mana bakal membuat budget transfer dan gaji pemain terasa lebih nyata. Demikian juga halnya dengan deadline transfer yang ada di dunia sepakbola sesungguhnya.

    PES juga punya tantangan untuk membuat online mode mereka, myClub, untuk bisa berada di level yang sama dengan online mode milik FIFA, FIFA's Ultimate Team.

    Secara keseluruhan, Fox Sports menyebut bahwa PES masih unggul dari sisi gameplay. Tetapi, secara keseluruhan, FIFA bisa menawarkan experience yang lebih baik kepada para gamer.



    (roz/fem)
    Kontak Informasi Detikcom
    Redaksi: redaksi[at]detik.com
    Media Partner: promosi[at]detik.com
    Iklan: sales[at]detik.com
    More About the Game
    video-games