detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 18 Sep 2019 00:00 WIB

Rhino X Triathlon 2019 Siap Digelar, Begini Cara Daftarnya

Advertorial - detikSport
(Foto: Dok Jababeka)
Jakarta -

PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung siap menggelar ajang Rhino Cross Triathlon (Rhino X-Tri) 2019. Ajang lomba yang terdiri dari olahraga renang, balap sepeda, dan lari ini bakal dihelat di Tanjung Lesung pada 28-29 September 2019.

Presiden Direktur Banten West Java, Poernomo Siswoprasetijo, menerangkan bahwa ajang Rhino X-Tri kembali digelar karena animo peserta di ajang ini semakin meningkat setiap tahunnya. Apalagi selalu ada kejutan menarik yang diberikan, termasuk pada tahun 2019 ini.

"Pertama, rute triathlon yang kami buat tidak looping atau mengulang jalur yang sama," kata Poernomo di Menara Batavia, Jakarta, pada Rabu (18/9/2019).

Kemudian, lintasan lomba menyajikan pemandangan alam serta perdesaan di dekat KEK Tanjung Lesung. Sehingga peserta tidak akan bosan saat mengikuti lomba karena melihat pemandangan yang selalu berbeda-beda.

"Rute kami juga sedikit keluar kawasan yang bertujuan mengenalkan beberapa kampung yang berada di sekitar Tanjung Lesung. Peserta akan melintasi pemukiman masyarakat setempat dan bertemu mereka, yang tentunya bakal memberi pengalaman yang tak terlupakan," kata Poernomo.

Adapun Rhino X-Tri ada tiga kategori, yaitu Rhino X-Tri dengan kategori jarak Rhino, Rhino X-Tri dengan kategori jarak Bull, dan Rhino MTB XC Marathon. Kategori Rhino MTB XC Marathon akan dihelat pada hari pertamasedangkan untuk kategori Rhino X-Tri di hari selanjutnya.

Untuk Rhino X Triathlon kategori jarak Rhino, peserta wajib berenang 1.000 meter, bersepeda 20 km, dan berlari 10 km. Sedangkan Rhino X Triathlon kategori jarak Bull, peserta harus berenang 500 meter, bersepeda 10 km, dan berlari 5 km.

Di kategori Rhino X Triathlon Bull tersedia juga untuk kategori peserta individu dan relay/team yang terdiri dari 3 orang peserta.

"Jadi kalau yang relay, peserta dapat mengatur siapa yang akan berlari, bersepeda ataupun berenang," kata Poernomo.

Kategori peserta ini juga sama untuk kategori MTB XC Marathon. Pada lomba Rhino MTB XC Marathon peserta harus mengayuh pedal sejauh 50 km. Lomba ini juga menyediakan berbagai pilihan kelas berdasarkan kelompok usia dan jenis kelamin. Mulai dari kategori Junior, Open, hingga Master, serta sub kategori Men dan Women.

Saat ini, sudah banyak peserta yang mendaftar, baik dalam dan luar negeri. Peserta luar negeri tercatat antara lain berasal dari negara Thailand, Belanda dan Perancis. Pihak BWJ, salah satu unit perusahaan pengembang PT Jababeka TBK, sudah menyiapkan hadiah total ratusan juta rupiah bagi pemenang Rhino X-Triathlon dan Rhino MTB XC Marathon.

Tak kalah penting, BMKG ikut mendukung kelancaran dan keamanan pelaksanaan kegiatan lomba ini dengan hadir langsung di lokasi acara. Lalu memasang peralatan AWS Maritim portable dan portable Seismograph yang akan dipantau langsung dari Weather Control Centre BMKG di lokasi acara dengan monitor-monitor lebar.

Adanya fasilitas ini membuat para peserta lomba maupun publik yang ingin mengetahui kondisi cuaca, tinggi gelombang, maupun gempa dapat menyaksikannya secara langsung dari layar monitor. BMKG juga akan memberikan info cuaca di tiap check point yang bisa digunakan untuk memberikan kebutuhan air minum peserta.

Tertarik untuk mengikuti lomba ini? Tenang, saat ini pendaftaran masih terbuka. Untuk calon peserta Rhino X Triathlon terdapat promo Thunder Sale yang memberikan diskon hingga 50% yang akan berlangsung pada hari dan jam tertentu. Untuk mengetahui kapan jadwal Thunder Sale Rhino X Triathlon follow akun Instagram dan Fan Page Facebook Rhino X Triathlon.

Bagi yang terlewat promo Thunder Sale jangan berkecil hati, karena Traveloka Xperience juga menjual tiket lomba dengan harga promo khusus melalui situs ini.

Tak hanya itu, untuk Rhino MTB XC Marathon, tersedia juga promo Loyalty Discount bagi para peserta lomba yang pernah mengikuti lomba Rhino MTB XC Marathon pada tahun 2017 dan 2018 lalu.

Nah, buruan daftarkan diri untuk mengikuti lomba Rhino X Triathlon dan Rhino MTB XC Marathon 2019 sebelum pendaftaran ditutup pada 22 September 2019. Untuk informasi dan pendaftaran silakan kunjungi website https://rhinoxtriathlon.com/. Jika ada pertanyaan dapat menghubungi email info@rhinoxtriathlon.com.



(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com