Berfaedah, Ini Senam Sundul Langit yang Sedang Hits

Advertorial - Sport
Jumat, 13 Nov 2020 00:00 WIB
adv
Foto: advFoto: YouTube Kemenpora    
Jakarta - Penggemar sepak bola sudah akrab dengan aksi juggling atau dribbling si kulit bundar. Tapi, orang-orang ini malah juggling atau dribbling dilakukan tanpa bola, kok bisa ya?

Ternyata, aksi juggling, dribbling, hingga menyundul tanpa bola oleh orang-orang yang ada di salah satu video unggahan YouTube resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu merupakan gerakan Senam Sundul Langit. Kemenpora membuat gerakan senam tersebut untuk memicu minat olahraga masyarakat, khususnya anak-anak muda.

Senam Sundul Langit dikembangkan dengan mengkreasikan gerakan-gerakan dari olahraga sepakbola. Ada gerakan dribbling, menendang, menyundul, juggling, menangkap, hingga gerakan selebrasi gol dimasukkan dalam senam ini.

Harmoni gerakan tubuh dengan irama lagu 'Sundul Langit' memberikan keasyikan dalam melakukan Senam Sundul Langit ala Kemenpora. Senam ini dibuat agar anak-anak muda tergugah untuk berolahraga dengan gerakan yang mudah dilakukan.

Workshop Senam Sundul Langit telah dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sejak bulan lalu. Ia berharap anak-anak muda Tanah Air semakin semangat untuk berolahraga untuk menjaga kesehatan, kebugaran dan meningkatkan imunitas tubuh.

''Dengan memupuk minat masyarakat terhadap olahraga, khususnya sepakbola, diharapkan bisa meningkatkan prestasi atlet muda sepakbola sehingga dapat meraih prestasi tertinggi,'' kata Zainudin.

Lebih lanjut, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Raden Isnanta membeberkan alasan yang melatarbelakangi Kemenpora memilih gerakan sepakbola untuk Senam Sundul Langit. Dikatakan Isnanta, Kemenpora memandang sepakbola merupakan olahraga paling populer di Tanah Air, sehingga gerakan-gerakannya sudah familiar dan disukai masyarakat.

Gerakan Senam Sundul Langit dinilai akan sangat mudah untuk dilakukan oleh seluruh kalangan masyarakat, tua atau muda, laki-laki juga perempuan. Dengan begitu minat olahraga menjadi semakin berkembang.

''Senam ini semata-mata diciptakan untuk memberikan kemudahan dan semangat bagi generasi muda untuk senam dan bergerak. Dipilih gerakan sepakbola yaitu karena olahraga ini salah satu yang populer. Dengan gerakan ini, kita harap anak muda melakukan senam secara rutin,'' urai Isnanta.

(adv/adv)