detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 06 Nov 2010 00:35 WIB

Yamaha EC-03, Motor Kecil Nan Lincah

- detikSport
Jakarta - Ajang Jakarta MotorCycle Show yang saat ini tengah berlangsung bukanlah hanya tempat pamer motor belaka. Bagi yang mau mencoba motor, pabrikan-pabrikan ini pun juga menyediakan unit test-nya.

Tapi ada yang unik di arena test ride Yamaha. Sebab produsen berlambang garpu tala ini juga menyediakan sebuah motor listrik bernama Yamaha EC-03 untuk dites pengunjung pameran motor terbesar di Indonesia itu.

Dan tidak menyia-nyiakan kesempatan, detikOto pun langsung menjajal motor lucu ini.

Pertama kali mendudukinya, Yamaha EC-03 terasa kecil sebab motor ini hanya memiliki dimensi 1.565X600X990 mm (PxLxT) saja dengan wheel base 1.080 mm.

Pengendaranya pun tidak akan kesulitan menaiki kendaraan ini sebab ground
clearance Yamaha EC-03 hanya 110 mm dengan berat hanya 56 kg.

Stop kontak pun dinyalakan. Suara motor listrik AC synchronous hampir tidak terdengar. Tuas gas pun diputar, baterai tipe ESB2 pun langsung menyuplai tenaga ke motor listrik AC synchronous dengan lembut Yamaha EC-03 mulai melaju.

Uniknya meski hanya memiliki rata-rata output sebesar 0,58 kW dengan puncak 1.9 PS di 2.550 rpm dengan torsi 9.6 Nm di 280 rpm Yamaha EC-03 masih terasa sangat lincah dan bagai menari di atas aspal.

Tubuh mungilnya enak sekali diajak meliuk-liuk oleh detikOto yang memiliki postur tubuh tinggi 170 cm dengan berat 50 kg. Apalagi hal itu didukung oleh sasis backbone yang diaplikasi Yamaha EC 03 ini.

(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com