DetikSport
Kamis 12 Jan 2017, 02:31 WIB

SM Ditargetkan Juara, Youbel Akui Bebannya Cukup Berat

Mercy Raya - detikSport
SM Ditargetkan Juara, Youbel Akui Bebannya Cukup Berat Foto: ist.
Jakarta - Di musim perdananya melatih Satria Muda Pertamina, Youbel Sondakh langsung ditargetkan juara. Terasa berat, tapi Youbel akan berusaha keras memenuhi itu.

Kompetisi IBL musim ini akan digelar di Surabaya pada 20 Januari 2017 dengan diikuti 11 tim dengan SM menjadi salah satu peserta. Sebagai salah satu tim basket papan atas nasional, Arki Dikania Wisnu dkk. tentu ditargetkan juara.

Apalagi mereka tahun lalu gagal mempertahankan gelar juara karena dikalahkan CLS Knights di semifinal. Dengan perombakan tim serta pergantian susunan pelatih, dari Cokorda Raka Satrya ke Youbel Sondakh, SM diklaim dalam kepercayaan diri tinggi.

Maka wajar jika manajemen SM menargetkan Youbel untuk bisa membawa timnya juara musim ini, sesuatu yang lantas dianggap berat sekaligus menantang oleh mantan pebasket nasional itu.

"Memang beban yang kami pikul berat, saya juga baru dipercaya tahun ini SM, yang notabene setiap tahun target juara, tetapi dengan banyak dukungan kami percaya bisa," kata Youbel.

SM di musim baru kedatangan dua pemain asing, yaitu Tyreek Jewel (point guard/shooting guard) dan Carloss Charles Smith (center) yang diharapkan bisa membantu mewujudkan ambisi tim. Kendati demikian proses adaptasi disebut akan jadi hambatan awal untuk Jewel dan Smith.

"Jujur memang tidak ideal karena pemain asing datang kurang dari 10 hari. Tetapi semua tim akan merasakan hal yang sama dan kami percaya mereka bisa tetap adaptasi. Jadi itu tidak dijadikan masalah pada kami," sambung Youbel.

Youbel sendiri patut pede karena SM berhasil menjuarai turnamen pramusim, Perbasi Cup, Oktober lalu usai mengalahkan CLS Knight 67-51 di final. Walaupun kemenangan itu juga tidak bisa jadi patokan utama.

"Atmosfer persaingan IBL 2017 tentu berbeda dengan Perbasi Cup. Sebab, saat di Perbasi Cup itu tidak semua tim menggunakan pemain asing. Beda dengan kompetisi sekarang, semua tim akan memakai pemain asing sehingga semua berpeluang menjadi juara. Jadi Jadi setiap game kami harus siap dan apapun yang terjadi saat bertanding dan bermainuntuk memenuhi target,"

Demi mempercepat proses adaptasi, kedua pemain asing SM akan ditempatkan bersama para pemain lainnya di Asrama Satria Muda, Mahaka Square, Kelapa Gading.

"Kami berharap dengan berada dalam lingkungan yang dengan kekompakan para pemain semakin solid," kata Manajer SM, Riska Natalia Dewi.



(mcy/mrp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed