detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 13 Mar 2015 12:54 WIB

PP Perbasi Mencari Ketum Baru

- detikSport
Yogyakarta -

Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) di Yogyakarta akhir pekan ini. Pemilihan ketua umum yang baru jadi agenda utamanya.

Munas Perbasi akhirnya akan segera digelar setelah sempat tertunda. Hajatan ini seharusnya dilangsungkan tahun lalu, mengingat kepengurusan yang saat ini habis masa jabatan pada Desember 2014.

Pemilihan ketum baru untuk menggantikan Anggito Abimanyu jadi agenda utama. Selain itu munas juga akan menentukan pembagian wilayah Pra-PON 2015.

"Munas ini memang harusnya digelar tahun lalu, karena kepengurusan habis pada bulan Desember," kata Andi Irawan, Ketua Organizing Committee munas, dalam jumpa pers di University Club UGM, Yogyakarta, Jumat (13/5/2015) siang WIB.

"Munas Yogyakarta ini rekor, karena 430 peserta hadir. Seluruh Pengprov hadir, juga Pengkot dan Pengkab. Sementara munas yang lalu peserta hanya 200-an," tambahnya.

Munas Perbasi ini dijadwalkan akan berlangsung dua hari, yakni Jumat (13/3) dengan agenda sidang laporan pertanggungjawaban pengurus dan Sabtu (14/3) pemilihan ketum baru.

Azrul Ananda Mundur, Danny Kosasih Calon Tunggal Ketum Perbasi?

Pemilihan ketua umum baru Perbasi mulanya diperkirakan jadi ajang 'pertarungan' dua sosok, Azrul Ananda dan Danny Kosasih. Namun Azrul disebut telah mengundurkan diri dari pencalonan.

Perbasi menggelar munas di Yogyakarta pada Jumat (13/3/2015) dan Sabtu (14/3) dengan agenda utama mencari ketum baru menggantikan Anggito Abimanyu. Sejak awal ada dua kandidat yang disebut-sebut bakal bertarung, yaitu Azrul dan Danny.

Dua nama tersebut kemudian terkonfirmasi saat penutupan pendaftaran bakal calon. Namun pada prosesnya kabar menyebutkan Azrul mundur dari pencalonan.

"Saya menyayangkan pengunduran diri Azrul. Tentu kita tidak ingin kehilangan beliau karena merupakan aset basket nasional. Meski nanti tidak di Perbasi, semoga beliau terus bisa memberikan sumbangsih," kata Anggito.

Azrul aktif di dunia basket Indonesia sejak melahirkan DBL, kompetisi basket antarpelajar sekolah menengah atas. Dia juga kemudian aktif sebagai Komisioner NBL Indonesia.

Atas pengalamannya ini, Azrul dinilai sebagai salah satu sosok tepat menjabat posisi ketum Perbasi. Terkait pengunduran dirinya, Anggito mengaku Perbasi masih menunggu perkembangan selanjutnya dari Azrul sampai detik terakhir.

Ada peluang Azrul mencabut pengunduran diri. Namun andaikata memang hanya ada calon tunggal, panitia pemilihan akan mempersiapkan mekanismenya.

"Pencalonan atau pengunduran diri itu kan hak pribadi. Sampai saat ini sih belum dicabut suratnya (pengunduran diri). Kita masih tunggu perkembangannya. Tapi kalo memang calon tunggal, pasti ada mekanisme-mekanismenya sendiri nanti," ujar Anggito.

Adapun sosok Danny Kosasih punya kiprah panjang di dunia bola basket di tanah air. Ia pernah menjadi pemain, pelatih, dan manajer timnas, dan hingga pengurus Perbasi. Saat ini ia juga menjabat Komisaris Klub Satya Wacana Salatiga.

(raw/a2s)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com