DetikSport
Senin 08 Mei 2017, 21:29 WIB

Manajemen Pelita Jaya Tak Tutup Kemungkinan Rombak Tim Juara

Mercy Raya - detikSport
Manajemen Pelita Jaya Tak Tutup Kemungkinan Rombak Tim Juara Brandon Jawato, pemain Pelita Jaya, dalam syukuran tim di Jakarta, Senin (7/5/2017). Foto: Rengga Sancaya/detikSport
Jakarta - Pelita Jaya akan segera melakukan evaluasi usai menjadi juara Indonesian Basketball League (IBL) 2017. Tak tertutup kemungkinan, ada perombakan tim.

Sport Director Pelita Jaya Fictor Gideon Roring, puas dengan hasil akhir Pelita Jaya di IBL musim ini. Namun, bukan berarti tak akan evaluasi pada detail tim.

Ito juga akan membuka catatan lagi soal kontrak pemain dan kebutuhan tim menghadapi kompetisi musim depan.

"Yang pasti kami inginnya jadi lebih baik itu yang utama dulu. Setelah itu harus ada evaluasi sama-sama. Soal menambah pemain kalau itu memang diperlukan ya akan kami lakukan," kata Fictor, yang juga karib disapa coach Ito, pada acara syukuran kemenangan Pelita Jaya IBL 2017 di kawasan Simprug, Senin (8/5/2017).

Meski begitu, Fictor menyadari, pada tahun ini ada beberapa pemain yang akan pensiun dan habis masa kontraknya. Seperti Nyoman Indrawan Ponsianus, lalu Amin Prihantono, Faisal Julis Achmad, dan Dwi Haryoko, keempatnya merupakan pemain paling senior di Pelita Jaya saat ini.

"Pemain yang kontraknya hampir berakhir ada sekitar 50 persen dari pemain yang ada sekarang. Tapi saya tidak tahu angka pastinya makanya nanti malam kami akan rapat lagi dengan manajemen," katanya.

"Soal pemain asing juga tergantung dari sistem IBL musim depan. Kami kan tidak bisa memilih dan kalau draft list-nya beda bagaimana. Yang harus kita pastikan justru pemain lokalnya dan itu yang harus kami evaluasi. Pekan ini lah secepatnya kelar," tambah dia.

Menyoal posisi pemain yang dibutuhkan Pelita Jaya untuk mengarungi IBL musim depan, khususnya pemain lokal, Fictor menyebut, butuh dua posisi lagi. "Khusus lokal ya smallman khususnya guard dan bigman. Tapi ini tergantung negosiasi dengan pemain yang habis kontrak apakah kami perpanjang atau tidak. Kemudian tergantung pemainnya juga siapa tahu memang mau berhenti atau pindah klub, kami tidak bisa halangi itu," katanya.

Fictor juga mengakui jika dirinya sudah mengantongi sejumlah nama yang akan dibidik untuk menguatkan komposisi tim Pelita Jaya. "Nama sudah siap (ada). Tapi belum bisa sebut nama lah. Sebelum final saja semestinya sudah mendata kebutuhan," tuntasnya.


(mcy/fem)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed