DetikSport
Selasa 09 Mei 2017, 19:35 WIB

CLS Knights Usulkan Kuota Pemain Asing Dipangkas

Femi Diah - detikSport
CLS Knights Usulkan Kuota Pemain Asing Dipangkas Foto: IBL
Batam - Pelatih CLS Knights Wahyu Widayat Jati kurang puas dengan persaingan Indonesian Basketball League (IBL) 2017. Dia juga berharap agar kuota pemain asing musim depan dipangkas.

IBL musim ini membolehkan para peserta menggunakan tenaga pemain asing atau naturalisasi. Masing-masing tim bisa mendaftarkan dan memainkan dua pemain asing/naturalisasi itu secara bersama-sama dalam satu pertandingan.

Boleh dibilang, operator liga menyarankan penggunakan pemain asing itu. Sebab, mereka menyediakan subsidi sebesar USD 4 ribu untuk tiap-tiap tim.

Wahyu menilai penggunaan dua pemain itu memunulkan imbas kurang oke bagi tim IBL. Dia berharap ada perubahan.

"Dengan ada pemain impor penonton banyak, kualitas permainan meningkat. Seharusnya dipertahankan musim depan," kata Wahyu yang dihubungi detikSport, Selasa (9/5/2017).

"Namun, perlu diperbaiki agar peraturan pemain impornya lebih jelas. Sepanjang satu musim lalu, ada kendala pada pemain impornya karena ada beberapa peraturan yang bias, kurang tegas.

"Ketimbang operator susah-susah menyediakan pemain asing, sebaiknya klub cari sendiri. Subsidi pemain asing tetap oke. Tapi, jumlahnya bisa dikurangi, cukup satu. Karena, dua pemain menjadikan mereka lebih dominan. Kalau satu pemain kan mau enggak mau si pemain akan lebih banyak bekerja sama sama dengan pemain lokal," tutur dia.

Selan itu, Wahyu meminta agar tim-tim kontestan IBL menunjukkan semangat kompetisi yang lebih ketat lagi musim depan. Dia yakin pertunjukan akan makin menarik jika tim-tim kontestan memiliki kekuatan seimbang.

"Sistem home and away tidak masalah, itu bagus. Sebaiknya, tim-tim dengan yang passion berprestasinya tidak jelas harus memperbaiki kualitasnya. Jangan kontestan saja banyak, tapi gim biasa-biasa saja. Tontonan ini harus menarik minat masyarakat," ujar dia.


(fem/cas)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed