DetikSport
Jumat 12 Mei 2017, 14:27 WIB

Cedera Paksa Adhi Absen Bela Timnas Basket di Kejuaraan SEABA

Mercy Raya - detikSport
Cedera Paksa Adhi Absen Bela Timnas Basket di Kejuaraan SEABA Foto: dok: Istimewa
Jakarta - Cedera memaksa Adhi Pratama Prasetyo Putra absen dari Kejuaraan Asosiasi Basket Asia Tenggara (SEABA) 2017, kendatipun namanya masuk dalam skuat tim nasional basket Indonesia yang diberangkatkan ke Manila.

Kejuaraan SEABA mulai digelar Jumat (12/5) ini di Smart Araneta Coliseum, Quenzon City, Filipina. Indonesia akan berhadapan dengan Singapura.

Skuat yang disiapkan Indonesia total berjumlah 12 orang, namun yang dikirim oleh pelatih timnas Wahyu Widayat Jati akhirnya hanya 11 orang. Mereka adalah Mario Wuysang, Sandy Febriansyahkh Kurniawan, Firman Dwi Nugroho, Jamarr Andre Johnson, Andakara Prasatawa Dhyaksa, Abraham Damar Grahita, Christian Ronalddo Sitepu, Arki Dikania Wisnu, Herdianus, Diftha Pratama, dan Kevin Yonas Sitorus. Minus nama Adhi Pratama.

"Saya masih pemulihan cedera. Sampai sekarang masih terapi terus. Soalnya meniskusnya robek jadi harus istirahat panjang soalnya sudah tujuh tahun juga tidak istirahat-istirahat," kata Adhi saat dihubungi detikSport, Jumat (12/5/2017).

"Kemarin saya sudah operasi, tapi yang tujuh tahun kemarin saya tidak berhenti basket kan. Sudah habis liga ada timnas, kalau tidak ada apa gitu. Tidak pernah istirahat panjang, mungkin puncaknya pas season kemarin. Kakinya sakit banget, jadi dokter sarankan istirahat," lanjutnya.

Istirahatnya Adhi memang bukan hanya untuk memulihkan cedera saja. Kebetulan dia juga tengah menyelesaikan studi akhirnya di STIE Bhakti Pembangunan, sehingga masa istirahat kali ini bisa sekaligus dimanfaatkan untuk pendidikan.

"Kebetulan juga skripsi, soalnya target lulus. Jadi kebetulan pas tahap begini bisa sekalian menyelesaikan skripsi," sebutnya.

Menyoal proses perizinan, Adhi mengatakan sudah meminta izin ke timnas dengan memberikan surat dari dokter. Ia pun memprediksi harus absen selama beberapa bulan.

"Proses perizinan, kemarin saya memberikan surat dari dokter. Kemarin seharusnya masih bisa dipaksakan. Cuma saya takut malah tambah parah. Dari pelatih juga bilang ikut saja dan tidak perlu main. Tapi saya tidak enak saja. Jadi lebih baik di sini memulihkan cedera daripada di sana tidak berbuat apa-apa," ungkapnya.

"Dari dokter tidak tahu berapa lamanya. Soalnya ini harus terapi mungkin tiga bulanan. Setelah SEABA pun saya tidak tahu masih bbisa bergabung atau tidak. Sayang sih karena siapa coba yang tidak mau masuk timnas. Cuma dari pada memaksa akhirnya tambah parah, ya lebih sayang lagi kan," sebut Adhi.



(mcy/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed