DetikSport
Kamis 18 Mei 2017, 20:59 WIB

Kala Pebasket Oklahoma City Thunder Melatih Anak-Anak Indonesia

Mercy Raya - detikSport
Kala Pebasket Oklahoma City Thunder Melatih Anak-Anak Indonesia Pebasket NBA asal Oklahoma City Thunder Enes Kanter (Foto: Detiksport/Mercy Raya)
Jakarta - Kesempatan berharga didapat sejumlah saat sejumlah anak-anak Indonesia mendapat pelatihan dari salah satu pebasket NBA Enes Kanter.

Bekerjasama dengan Satria Muda dan Pengurus Besar Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), Kanter yang bermain untuk Oklahoma City Thunder itu hadir di Britama Arena Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Kamis (18/5/2017).

Kedatangan Kanter selain ingin melihat basket Indonesia, juga ada kaitannya dengan Enes Kanter Light Foundation's Mission. Di mana yayasan itu memiliki misi untuk membantu perkembangan anak-anak di seluruh dunia melalui pendidikan, pengetasan kemiskinan, dan keharmonisan sosial.

"Ini menjadi yang pertama buat saya bisa hadir di sini. Saya sangat antusias sekali berada di sini. Saya sudah sering mendengar mengenai Indonesia dan sudah sejak lama ingin datang tetapi baru sempat sekarang karena jadwal padat," kata Kanter di sela-sela sambutannya.

Kala Pebasket Oklahoma City Thunder Jadi 'Pelatih' Anak-Anak IndonesiaFoto: Detiksport/Mercy Raya


Kanter memang tak mendapat waktu banyak untuk memberi sambutannya dan berbicara dengan pewarta. Setelah menjawab dua pertanyaan dari pewarta, dia langsung digiring oleh host Augie Fantinus untuk melakukan pelatihan kepada 50 peserta dari Indonesian Basketball Academy (IBA).

Ada empat aktivitas yang dilakukan dari coaching clinic yang berlangsung kurang lebih 30 menit itu. Aktivitas pertama dari mulai memasukkan bola ke dalam ring, kemudian lari bolak balik di lapangan, dan yang terakhir adalah game. Anak-anak lebih dulu dibagi menjadi empat tim, kemudian mereka diminta untuk memasukkan bola ke atas ring. Siapa yang paling banyak memasukkan bola akan menjadi pemenangnya, sementara yang kalah diberi hukuman 20 kali melakukan push up.

Dari pantauan detikSport, anak-anak sangat antusias. Kanter pun tak kalah semangat. Dia bahkan kerap memberi semangat dari bawah ring kepada anak-anak yang gagal memasukkan bola. Sebaliknya, yang berhasil diberi sambutan 'wawww' dari dia.

Untuk semakin memanaskan suasana, Kanter kemudian mengarahkan para peserta berlari bolak-balik di lapangan. Menariknya, dari puluhan anak itu ada sekitar tiga orang peserta yang ketinggalan atau kalah cepat dalam adu lari itu. Dari ketiga anak itu, salah satunya adalah Timothy Sean Wahyudi, 11 tahun. Dia menjadi peserta yang paling akhir menyelesaikan lomba lari itu. Enes pun dengan sigap membiarkan Timoothy untuk menyelesaikan larinya dan terus memberikan semangat. Sebelum akhirnya, Enes juga meminta peserta lainnya memberikan tos persabatan.

"Senang banget tadi dilatih dengan dia. Ya walau tadi sempat paling akhir saat lari tapi senang dapat tos dari dia (Enes Karten)," kata Timothy, yang ditemui usai coaching clinic.

Selain memberikan pelatihan, Kanter juga mengajak para peserta untuk bermain dengannya. Di mana usai permainan itu peserta yang menang akan mendapatkan gelang NBA milik Enes. Jadi masing-masing peserta diminta untuk bertepuk tangan namun dengan menyesuaikan bola yang dipantulkan Enes ke lapangan.

Satu tepukan untuk satu pantulan bola. Sementara jika tidak ada pantulan maka anak-anak dilarang untuk memberikan tepukannya. Dari 50 peserta, sampai lah pada satu peserta yang berhasil dan mendapat gelang tersebut dari Kanter.

Menyudahi klinik kepelatihan, Kanter pun melakukan foto bersama dengan para peserta. Dia dijadwalkan untuk melakukan kepelatihan lagi ke sekolaah Kharisma Bangsa.

"Mimpi besar misalnya ingin menjadi pemain NBA suatu ssaat nanti dan punya usaha untuk meraihnya. Seperti saya, kadang dalam prosesnya saya tidak penah cetak angka, tapi kadang bisa cetak sampai 30 atau double digit dalam setiap pertandingan. Itu proses yang harus dinikmati," saran Kanter.

"Bila tidak ada yang percaya pada dirimu, percayalah pada dirimu sendiri bahwa kita bisa mencapai mimpi besar itu. Kemudian peduli kepada sekitar dan jangan lupa sayangilah orang tuamu," tutupnya.

Dalam kegiatan itu hadir pula President SEABA (Southeast Asian Basketball Association), Erick Thohir, yang juga Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Dia menyempatkan untuk memberikan plakat dari KOI dan Jersey timnas Merah Putih dari PB Perbasi, kemudian plakat bergambar bola basket yang diberikan Wakil Direktur Satria Muda, Ronny Gunawan.



(mcy/mrp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Free Practice III MotoGP Belanda

    Redding Tercepat di Assen yang Basah

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 16:16 WIB Pebalap Pramac Scott Redding menjadi kejutan setelah menguasai latihan bebas ketiga, Sabtu (24/6)/2017). Redding mengalahkan Valentino Rossi dan Marc Marquez.
  • Jelang MotoGP Belanda

    Hari yang Sangat Sulit untuk Lorenzo

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 12:52 WIB Sejak awal sesi latihan bebas pertama, Jorge Lorenzo sudah mengalami kejadian tak mengenakkan. Selanjutnya, hari barjalan buruk untuk dia.
  • Australia Terbuka Super Series

    Praveen/Debby Melangkah ke Final

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 12:59 WIB Praveen Jordan/Debby Susanto tinggal selangkah dari gelar juara. Ganda campuran Indonesia ini lolos ke final usai menyingkirkan pasangan Korea dua gim langsung.
  • Jelang MotoGP Belanda

    Marquez: Yamaha Selangkah di Depan

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 11:16 WIB Dari dua sesi latihan bebas pertama MotoGP Belanda, Marc Marquez tak menyangkal kalau Yamaha punya performa lebih baik. Yamaha disebutnya selangkah di depan.
  • Hari Jumat Paling Positif untuk Verstappen

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 08:01 WIB Driver Red Bull, Max Verstappen, menguasai sesi hari Jumat balapan di GP Azerbaijan. Dia menilainya sebagai sesi pertama balapan paling positif tahun ini.
  • Vinales Puas dengan Performa Motor Yamaha

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 01:03 WIB Rider Yamaha, Maverick Vinales, puas dengan penampilan motornya di hari pertama latihan bebas MotoGP Belanda. Tapi, dia merasa masih perlu ada peningkatan.
  • F2

    Sean Gelael: Sirkuit Baku Terlalu Tricky

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 23:02 WIB Sean Gelael menegaskan bahwa mengaspal di Sirkuit Baku City tidaklah mudah. Sirkut yang berada di negara Azerbaijan itu dinilai terlalu tricky.
  • Free Practice II GP Azerbaijan

    Verstappen Kembali yang Tercepat

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 21:50 WIB Max Verstappen menjadi pebalap terdepan di sesi latihan bebas kedua GP Azerbaijan. Dia mengungguli pebalap Mercedes, Valtteri Bottas.
  • Free Practice II MotoGP Belanda

    Vinales Kuasai Latihan Kedua

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 20:11 WIB Maverick Vinales tampil sebagai yang tercepat di sesi latihan bebas kedua MotoGP Belanda. Rider Movistar Yamaha ini mengungguli Jonas Folger dan Marc Marquez.
  • Free Practice I GP Azerbaijan

    Verstappen Terdepan, Red Bull Rebut Posisi 1-2

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 17:50 WIB Max Verstappen merebut posisi terdepan di latihan bebas pertama GP Azerbaijan. Red Bull dominan di sesi ini usai Daniel Ricciardo finis kedua.
  • Australia Terbuka Super Series

    Praveen/Debby Lanjut ke Semifinal

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 17:27 WIB Praveen Jordan/Debby Susanto mantap ke semifinal. Ganda campuran Indonesia itu tak terlalu kesulitan mengatasi ganda Malaysia Chan Peng Soon/Cheah Yee See.
  • Free Practice I MotoGP Belanda

    Petrucci Jadi yang Tercepat di Latihan Pertama

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 16:20 WIB Latihan pertama MotoGP Belanda memunculkan nama Danilo Petrucci sebagai yang tercepat. Tak ada pebalap tim pabrikan di tiga terdepan pada sesi ini.
  • Rossi Penasaran Jajal Sasis Baru Yamaha di Assen

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 04:50 WIB Valentino Rossi menjajal sasis baru Yamaha di tes Catalunya dan hasilnya dibilang memuaskan. Rossi pun tak sabar mencobanya di Sirkuit Assen akhir pekan ini.
  • Australia Terbuka Super Series

    Tunggal Putra dan Ganda Putra Indonesia Habis

    DETIKSPORT | Kamis 22 Juni 2017, 15:39 WIB Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie tak mampu mengimbangi keperkasaan pebulutangkis top China, Lin Dan di dalam pertandingan babak kedua.
  • [Kuis] Sirkuit MotoGP Apakah Ini?

    DETIKSPORT | Kamis 22 Juni 2017, 13:01 WIB Sirkuit Assen yang menggelar MotoGP di akhir pekan ini merupakan salah satu trek paling tua di dunia. Bisakah kamu mengenali trek MotoGP lain dari masa ke masa?
  • Jelang MotoGP Belanda

    Marquez Kejar Podium Assen

    DETIKSPORT | Kamis 22 Juni 2017, 11:49 WIB Marc Marquez sudah tak sabar melaju di Assen setelah apa yang terjadi dalam balapan di Catalunya lalu. Podium MotoGP Belanda jadi target minimalnya.
  • FIA: Ada Beberapa Tim yang Ingin Gabung F1

    DETIKSPORT | Kamis 22 Juni 2017, 07:48 WIB Ajang balap Formula 1 saat ini tercatat diikuti paling sedikit tim sejak satu windu silam. Ada beberapa tim yang diklaim akan bergabung musim depan.
  • Jelang MotoGP Belanda

    Antusiasme Rossi untuk Balik ke Jalur Positif

    DETIKSPORT | Rabu 21 Juni 2017, 19:11 WIB Valentino Rossi menatap MotoGP Belanda dengan antusiasme dan semangat besar setelah apa yang terjadi di Catalunya lalu. Ia ingin segera balik ke jalur positif.
  • Jelang MotoGP Belanda

    Target Vinales di Assen: Harus Naik Podium

    DETIKSPORT | Rabu 21 Juni 2017, 18:37 WIB Rider Movistar Yamaha Maverick Vinales menyebut podium di Assen jadi keharusan buatnya, secara khusus setelah menjalani balapan yang sulit di Catalunya.
  • Australia Terbuka Super Series

    Ricky/Angga Pulang Lebih Awal

    DETIKSPORT | Rabu 21 Juni 2017, 18:08 WIB Wakil-wakil Indonesia terus bertumbangan di babak pertama. Ganda putra Ricky Karanda Suwardi/Angga Pratama dipaksa berkemas usai kalah dari ganda putra Jepang.
  • Crutchlow Masih Dua Tahun Lagi di LCR

    DETIKSPORT | Rabu 21 Juni 2017, 17:11 WIB Pebalap Inggris Cal Crutchlow belum akan berganti tim. Crutchlow telah resmi memperpanjang kontraknya dengan LCR hingga dua tahun ke depan.