DetikSport
Senin 02 Oktober 2017, 23:16 WIB

Jelang Musim 2017, Tim-Tim IBL Belanja Pemain Asing

Mercy Raya - detikSport
Jelang Musim 2017, Tim-Tim IBL Belanja Pemain Asing Draft Pemain Asing di IBL 2018 (Mercy Raya/Detiksport)
Jakarta - Indonesia Basketball League (IBL) dimulai Desember mendatang. Tim-tim peserta mulai memperkuat skuatnya, termasuk belanja pemain asing.

IBL musim 2017/2018 akan menyajikan pertandingan dari 10 tim, minus CLS Knight yang menyatakan mundur musim depan. Mereka adalah Pelita Jaya, Satya Wacana, Bandung Utama, Bima Perkasa Yogyakarta, Pasific Surabaya, Hang Tuah Sumsel, Garuda Bandung, Satria Muda, NSH, dan Aspac Jakarta.

Dalam persiapannya, liga kembali menyiapkan 200-an pemain asing yang siap direkrut oleh klub-klub peserta itu. Perekrutan pemain asing dilakukan di Hotel Santika, Slipi, Jakarta, Senin (2/10/2017) malam WIB.

Yang berbeda adalah kali ini hanya lima klub yang tidak lolos babak playoff yang diundi untuk menentukan daftar urut pemilihan pemain. Sementara lima tim lainnya menyesuaikan dengan peringkat reguler season.

Setya Wacana menjadi tim yang lebih dulu melakukan pemilihan, disusul Bima Perkasa, Hangtuah Sumsel, NSH, Siliwangi Bandung (yang diurut melalui undian). Selanjutnya, Garuda Bandung, Pasific Caesar, Aspac, Pelita Jaya, dan Satria Muda.

Adapun persyaratan yang diterapkan pada perekrutan pemain asing tahun ini adalah tim wajib memilih dua pemain dari ratusan nama pemain di draft list, dan tidak diperbolehkan memilih di luar daftar tersebut.

Setiap pemain asing yang dipilih juga memiliki batasan tinggi untuk salah satu pick yaitu 188 cm. Sedangkan untuk batas salary untuk dua pemain adalah empat ribu dollar AS (Rp 54 juta) per bulan serta maksimal salary untuk setiap pemainnya adalah tiga ribu dollar AS (Rp 40,6 juta).

"Jika dilihat dari hasil draftnya menarik ya, di luar dua pemain asing yang dipertahankan oleh Aspac dan Pasific Caesar, hanya ada dua nama lama yaitu Dior Lownhor dan Nate Barfield. Jadi ya pemainnya baru-baru jadi kami harap bisa lebih bagus dari sebelumnya," kata Direktur Liga Hasan Gozali usai acara.

"Dan kami harap pemain asing yang sudah tercatat ini akan datang 1 November, di samping kami juga persiapkan segala administrasinya termasuk untuk masalah Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS)," sambungnya.

Setelah pemain asing datang masih ada satu yang mungkin harus dikroscek seperti tinggi badannya."Tapi sejauh ini sekilas oke, semua tertib dan batas gaji tertib. Jadi cukup puas lah, semoga pemain asing ini bisa membantu tim masing -masing."

Berkaca pada musim sebelumnya, beberapa klub ada yang kecewa lantaran ada pemain asing yang tidak datang dengan berbagai alasan. Soal itu, Hasan mengatakan sudah menyiapkan langkah tegas.

"Jika atlet ini tidak datang dengan alasan apapun akan kami blacklist. Sudah pasti tahun depan tidak masuk daftar list karena kami sudah komitmen dan merugikan timnya," kata Hasan.

Namun, seumpama ada pemain yang cedera, tim diberi kesempatan mengganti pemainnya hanya sekali untuk satu pemain.

"Tetap boleh diganti tapi hanya satu kali dan batas terakhirnya sampai tengah musim dan hanya boleh dari list yang sama. Tidak boleh di luar dan hanya satu pemain. Jika sudah lewat deadline dan pemain cedera itu menjadi risiko yang diambil oleh tim," tuntasnya.



(mcy/mrp)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed