DetikSport
Kamis 09 November 2017, 16:53 WIB

Fictor Roring Belum Punya Gambaran Seleksi Timnas Basket

Mercy Raya - detikSport
Fictor Roring Belum Punya Gambaran Seleksi Timnas Basket Foto: -
Jakarta - Pelatih tim nasional basket Indonesia, Fictor Gideon Roring, belum bisa memutuskan konsep kepelatihan menuju Asian Games 2018. Dia masih harus berkoordinasi dengan Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia dan Badan Tim Nasional.

BTN bersama-sama Perbasi telah menunjuk Fictor sebagai pelatih Timnas. Meski belum diumumkan secara resmi dan Surat Keputusan (SK) belum diterbitkan, namun Fictor antusias menghadapi tugas yang sudah tiga kali dia jabat ini.

Dia hanya terkendala dengan waktu persiapan yang sempit. Ditambah jadwal kompetisi liga yang sudah kadung dikunci sehingga dia harus menyesuaikan persiapan timnya secara tepat, termasuk soal seleksi pemain.

"Saya belum putuskan soal seleksi pemain seperti apa. Saya harus rapat dengan manajer, BTN dan Perbasi, seperti apa modelnya. Karena ini ada hubungannya dengan budget, dengan segala macam, jadi saya harus cocokkan semua dengan Perbasi dan manajer," kata pria yang akrab disapa Ito ini kepada detikSport, Kamis (9/11/2017).

Pengumuman pemain juga berkaitan dengan penunjukkan asisten pelatih, yang akan mendampinginya selama persiapan tim. Walau sudah ada gambaran, Fictor belum mau mengungkapkan secara detail.

"Sudah ada gambaran tapi belum bisa diumumkan karena saya harus putuskan dengan manajer dan BTN juga. Saya harus koordinasi dengan mereka," dia menjelaskan.

Tetapi Fictor sudah bisa memastikan selambatnya pekan depan dirinya akan mulai fokus untuk timnas. Selain sebagai pelatih timnas, pelatih berusia 45 tahun ini, juga merupakan Head Director of Training Pelita Jaya Jakarta.

Saat ini, Pelita Jaya tengah mengikuti Perbasi Cup sebagai pemanasan sebelum turun di kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 8 Desember mendatang.

Pada gelaran Perbasi Cup, Pelita Jaya lolos semifinal dan akan menjalani perebutan babak final pada hari ini menghadapi Hangtuah Sumsel.

"Sesudah Perbasi Cup mungkin kami akan ada pertemuan. Hampir semua tim fokus ke Perbasi Cup dan ajang ini menjadi salah satu pemantauan saya pemain juga untuk timnas nanti," Fictor menjelaskan.



(mcy/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed