DetikSport
Rabu 22 November 2017, 19:32 WIB

Siapa Suap Sembilan Pemain IBL?

Mercy Raya - detikSport
Siapa Suap Sembilan Pemain IBL? Foto: Luthfy Syahban/detikSport
Jakarta - Basket Indonesia dihebohkan dengan skandal suap sembilan pemain di Indonesian Basketball League (IBL) 2016/2017. PP Perbasi mengindikasikan tak hanya satu klub yang terlibat.

Delapan pemain Siliwangi, Ferdinand Damanik, Tri Wilopo, Gian Gumilar, Haritsa Herlusdityo, Untung Gendro Maryono, Fredy, Vinton Nolan Surawi, dan Robertus Riza Raharjo, serta satu ofisial Zulhilmi Faturrohman terbukti terlibat suap. Mereka berperan dalam pengaturan skor pada pertandingan IBL 2016/2017.

Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) mengindikasikan sembilan pemain itu mendapatkan suap bukan hanya dari satu klub. Saat ini, Perbasi sedang menginvestigasi.

"Kami memprediksi jika match fixing itu tak hanya satu tim, ada juga yang lain. Karena itu, kami tidak bisa ungkap saat laga apa ada praktek demikian," kata Kepala Bidang Hukum PB Perbasi, George Fernando Dendeng, kepada pewarta, Rabu (22/11/2017).

George menyebut PP Perbasi sudah mencium adanya praktik suap sejak Seri II IBL bergulir. Dia sih tak bersedia merinci klub yang menggelontorkan suap tersebut. Hanya saja jika menilik jadwal dan hasil pertandingan di situs IBL, pada seri tersebut, Siliwangi, klub sembilan pemain itu, menghadapi Pacific Caesar Surabaya. Pasific yang keluar sebagai pemenang dalam laga itu dengan skor 68-62.

"Kami masih selidiki apakah ada indikasi pihak lain terlibat. Ada kemungkinan lebih dari yang sembilan nama ini. Tapi kami masih mencari informasinya," dia menjelaskan.

"Yang jelas, ada yang meminta untuk dicarikan, ada yang mencarikan, ada yang ikut serta, dan ada yang membantu," dia mengucapkan.
(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed