DetikSport
Rabu 22 November 2017, 23:39 WIB

Perbasi: Sanksi untuk Bandar di Luar Ranah Kami

Mercy Raya - detikSport
Perbasi: Sanksi untuk Bandar di Luar Ranah Kami Danny Kosasih, Wawan Mulyana, George Fernando Dendeng (Foto: Mercy Raya/detikSport)
Jakarta - PB Perbasi mengaku sudah punya gambaran soal bandar pengaturan skor di IBL musim lalu. Tapi mereka tak bisa mengambil langkah lebih lanjut karena itu di luar ranah organisasi.

Perbasi telah menghukum delapan pemain dan satu ofisial JNE Siliwangi Bandung terkait pengaturan skor. Meski demikian, Perbasi terus melakukan penyelidikan terkait indikasi keterlibatan pihak lain.

Perbasi mengendus adanya bandar yang mengatur kecurangan tersebut. Tapi soal hukuman untuk bandar, Perbasi tak bisa berbuat banyak karena itu berada di luar organisasi.

"Untuk bandarnya kami ada info tapi kami tidak bisa mengejar langsung ke sana sebab kami ada keterbatasan, karena ini lingkupnya Perbasi saja, jadi kami hanya memberikan sanksi secara organisasi," kata Kepala Bidang Hukum PP Perbasi George Fernando Dendeng, di Gelanggang Olahraga Remaja, Pasar Minggu, Rabu (22/11/2017).

"Untuk yang sifatnya bandar itu di luar ranah kami karena mereka bukan anggota Perbasi," dia menjelaskan.

Selain itu, George juga telah memastikan jika tidak ada keterlibatan dari klub maupun pelatih Siliwangi dalam pengaturan skor ini.

"Kalau klub karena kami sudah melakukan penyelidikan bahwa klub dan pelatih tidak terlibat. Jadi hukumannya hanya pada pemain," katanya.

"Jadi jika isu yang berkembang pemain ini hanya pion, pemain ini hanya korban. Mereka bukan pion atau korban, mereka memang pelaku utamanya. Maka itu, kami menghukum orang-orang yang terlibat secara langsung."


(mcy/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed