DetikSport
Kamis 23 November 2017, 01:35 WIB

Pelaku Pengaturan Skor di IBL Bisa Dapat Ratusan Juta Tiap Laga

Mercy Raya - detikSport
Pelaku Pengaturan Skor di IBL Bisa Dapat Ratusan Juta Tiap Laga ilustrasi suap (Luthfy Syahban/detikSport)
Jakarta - Dunia basket Indonesia gempar dengan adanya kasus pengaturan skor yang melibatkan sejumlah pemain di kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) musim lalu. Mereka yang terlibat bisa dibayar hingga ratusan juta rupiah per laga.

Kepala Bidang Hukum PB Perbasi, George Fernando Dendeng, mengatakan, praktik pengaturan skor yang dilakukan oleh para pelaku melibatkan uang dalam jumlah sangat besar.

"Sampai ratusan juta. Jadi per pertandingan dibagi kesembilan orang itu. Jika saja Rp 900 juta maka dibagi sembilan orang, itu bisa berapa? besar sekali," kata George di Gelanggang Remaja Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (22/11/2017).

Sebanyak delapan pemain dan satu ofisial klub Siliwangi dihukum lantaran terlibat pengaturan skor di IBL musim lalu. Mereka adalah Ferdinand Damanik, Tri Wilopo, Gian Gumilar, Haritsa Herlusdityo, Untung Gendro Maryono, Fredy, Vinton Nolan Surawi, Robertus Riza Raharjo, dan Zulhilmi Faturrohman.


Di tengah kasus ini, ada isu pemain terlibat pengaturan skor karena belum digaji oleh manajemen klub Siliwangi. Tetapi, George memastikan dua hal itu tidak berkaitan sama sekali.

"Perlu saya sampaikan masalah tidak membayar (gaji) itu hubungan klub dan pemain. Pemain melakukan tindakan pengaturan skor adalah hal yang lain. Jadi ketika Perbasi menghukum adalah karena tindakan mereka melakukan itu. Tetapi, kami akan membantu menjembatani agar semua clear," ujar dia.

"Bisa dibilang mereka melakukan ini untuk kepentingan pribadi mereka. Mereka menerima dana itu dari bandar-bandar yang mengatur mereka," kata George kemudian.


Hingga kini George masih bungkam soal siapa yang menyuap para pemain. Tetapi, dia menyebut sang bandar sudah berlevel internasional.


(mcy/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed