DetikSport
Kamis 23 November 2017, 23:24 WIB

'Laga-laga IBL akan Dipimpin Wasit-wasit Terbaik'

Mercy Raya - detikSport
Laga-laga IBL akan Dipimpin Wasit-wasit Terbaik Indonesia Basketball Leagur (Foto: Mercy Raya/detikSport)
Jakarta - Laga-laga Indonesian Basketball League (IBL) 2017 dijanjikan akan dipimpin oleh wasit-wasit terbaik. Garansi itu disampaikan oleh direktur IBL, Hasan Gozali.

Kualitas wasit IBL menjadi sorotan setelah beberapa keputusan yang merugikan pihak tertentu pada Perbasi Cup. Gerak cepat dilakukan pihak operator untuk memperbaiki kualitas pengadil di lapangan.

Sebuah klinik kepelatihan wasit yang digelar IBL di Kelapa Gading, pada 11-13 November 2017 . Kegiatan ini diikuti oleh 26 wasit dan dipimpin oleh wasit Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), Ferdinan Pascual. Dia tercatat pernah memimpin pertandingan di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Dari 26 orang itu, dipilih 20 orang untuk memimpin pertandingan-pertandingan musim 2017.

"Saat Perbasi Cup kemarin kami sudah mendatangkan koordinator wasit yang memimpin jalannya pertandingan lewat bantuan FIBA. Dia adalah Ferdinand," kata Hasan di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (23/11/2017).

"Selama 3 hari 26 wasit menjalani workshop camp yang dimentori Ferdinand. Dari kegiatan itu 20 wasit lolos seleksi. Nantinya, sepanjang musim akan ada evaluasi dan penyesuaian," kata dia lagi.

Dalam perjalanan musim ini, akan terus dilakukan evaluasi. Sebanyak 16 wasit terbaik akan mendapatkan reward.

"Sebagai reward kami juga akan dipilih 16 wasit terbaik untuk dimainkan di playoff dan final. Sementara yang tidak terpilih secara otomatis tereliminasi," Hasan menjelaskan.



(mcy/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed