DetikSport
Senin 11 Desember 2017, 12:20 WIB

Jakarta Antusias Sambut Piala Dunia Basket 2023

Marlinda Oktavia Erwanti - detikSport
Jakarta Antusias Sambut Piala Dunia Basket 2023 Foto: Mochamad Zhacky Kusumo/detikcom
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, berjanji akan membayar kepercayaan dari Federasi Basket Internasional (FIBA). Jakarta akan menyiapkan diri semaksimal mungkin.

Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 bersama Jepang dan Filipina. Istora di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta menjadi venue yang diajukan.

"Selamat kepada Bapak Presiden Jokowi dan Pemerintah Indonesia yang sudah dipilih menjadi salah satu dari tiga penyelenggara kejuaraan Piala Dunia Basket di tahun 2023. Ini adalah sejarah. Dan Jakarta alhamdulilah terpilih sebagai venue bersama Okinawa dan Manila," kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2017).

Sandi mengaku mendapat kabar bahwa Indonesia, khususnya Jakarta menjadi lokasi yang dipilih untuk menyelenggarakan perhelatan dunia tersebut dari Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Eric Tohir. Hal itu, kata Sandi, sebagai tindak lanjut dari surat yang dilayangkan Pemprov untuk mendukung penyelenggaraan Piala Dunia Basket 2023.

"Ini atas permintaan Pak Jokowi sendiri waktu kami meninjau di acara kelengkapan venue Asian Games dan peresmian venue Asian Games pada Sabtu yang lalu," ujarnya.

Sandi memastikan DKI akan mempersiapkan gelaran yang dinilainya menjadi tonggak sejarah bagi olahraga basket dan Indonesia itu. Sebab, kata dia, ini pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023.

"Kita persiapkan lima tahun ke depan ini agar siap sebagai host dan juga mudah-mudahan Perbasi bisa menyiapkan timnya yang bisa kompetitif bisa berdaya saing di ajang yang akan menjadi sejarah," ujarnya.

Sementara, terkait venue perhelatan dunia tersebut, Sandi mengungkapkan saat ini tengah disiapkan. Venue yang paling memungkinkan, kata Sandi, adalah di Istora Senayan.

"Nanti kita tunggu dari Perbasi karena kita ingin tahu jumlah kira-kira pengunjung atau penonton di acara bola basket itu venue nya piala dunia jumlahnya berapa. Kalau misalnya diperlukan venue baru itu nanti akan kita siapkan," dia menuturkan.



(fem/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed