detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 12 Apr 2018 15:40 WIB

Satria Muda Kuatkan Fisik dan Mental Jelang Duel Lawan Pelita Jaya

Mercy Raya - detikSport
Pelatih Satria Muda, Youbel Sondakh. (Foto: dok. IBL) Pelatih Satria Muda, Youbel Sondakh. (Foto: dok. IBL)
Jakarta - Satria Muda Jakarta kembali menghadapi Pelita Jaya di final Indonesian Basketball League (IBL) 2018. Tim asuhan Youbel Sondakh mempersiapkan fisik dan mental.

Final IBL akan berlangsung dengan format best of three. Game pertama akan digelar di kandang Satria Muda, Britama Arena, pada 19 April 2018. Game kedua akan dilangsungkan di markas Pelita Jaya di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, 21 April.

Andai kedudukan masih seri, partai ketiga akan digelar pada 22 April mendatang.


Laga final ini menjadi pertemuan ketiga kali beruntun untuk Satria Muda berduel dengan Satria Muda. Dalam final terakhir, Satria Muda selalu menelan kekalahan.

Tak ingin mengulang kegagalan yang sama, Youbel menggeber latihannya dengan maksimal selama dua pekan terakhir.

"Persiapannya lebih ke mental pemain supaya mereka siap. Begitu juga dengan fisiknya," kata Youbel kepada detikSport, Kamis (12/4/2018).

Youbel menyadari lawan yang akan dihadapi timnya di laga penentuan merupakan tim dengan materi pemain berpengalaman dan senior. Ada Amin Prihantono, Ponsianus Nyoman Indrawan, Xaverius Prawiro, dan belum lagi tambahan amunisi pemain asing Chester Jarell Giles.

"Umur pengalaman boleh kalah tapi fisik jangan sampai. Makanya, selama masa persiapan ini terus kami geber untuk mendapat hasil yang terbaik," kata mantan pemain Satria Muda ini.


"Semua kalau di babak gugur semua berubah tak bisa lihat dari babak reguler. Siapa yang paling siap fisik dan mental itu yang paling siap di ujung," tambahnya.

Satria Muda mendapatkan waktu masa persiapan yang cukup panjang untuk menjalani partai final, yakni dua pekan.

"Ada positif dan negatifnya. Positifnya, kami lebih punya waktu dengan persiapan. Kurangnya ya suasana bertanding. Pelita Jaya tentu lebih dekat karena mereka baru saja menyelesaikan pertandingan semifinal kemarin melawan Stapac Jakarta. Ya, kami sudah siapkan semua itu di latihan," ucap dia.

"Pokoknya menang saja. Apapun itu hasilnya mau 2-0 atau 2-1," Youbel menargetkan.


(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed