detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 14 Apr 2018 12:16 WIB

10 Fakta Menarik Jelang Playoff NBA 2018

Redzi Arya Pratama - detikSport
Fakta-fakta menarik dari Playoff NBA 2018 (Mitchell Leff/Getty Images) Fakta-fakta menarik dari Playoff NBA 2018 (Mitchell Leff/Getty Images)
Jakarta - Akhir pekan ini NBA memasuki babak playoff. 16 tim akan bertarung untuk merebut takhta terbaik dan ada 10 fakta menarik yang patut disimak.

Cleveland Cavaliers dan Golden State Warriors memang kembali lolos. Sebagai tim yang mewarnai tiga final terakhir NBA, keduanya mengalami masalah di musim reguler. Tak ayal, peluang untuk tim-tim lain pun terbuka.

Berikut adalah beberapa fakta menarik jelang playoff. Beberapa hal yang mungkin terlewat oleh para pencinta basket.

1. Sixers Buat Sejarah Jelang Playoff

Philadelphia 76ers memenangi 16 laga terakhir musim reguler secara beruntun jelang playoff. Ini adalah rekor baru di NBA.

2. Tim Gaji Tertinggi vs Gaji Terendah

Bakal ada pertarungan antara tim dengan jumlah gaji tertinggi dan terendah di playoff. Itu terjadi dalam duel Cleveland Cavaliers melawan Indiana Pacers. Keduanya finis peringkat empat dan lima wilayah timur. Gaji total Cavs musim ini 136 juta dolar sementara Pacers 93,7 juta dolar.

3. Pemain dengan Gaji Tertinggi

Cavs adalah tim dengan total pengeluaran terbesar soal gaji, tapi di sana tak ada pemain dengan gaji tertinggi. Andalan Warriors, Stephen Curry yang merupakan pemain dengan gaji tertinggi musim ini di NBA yakni sebesar 34,7 juta dolar. LeBron James di posisi kedua dengan 33.3 juta dolar.

4. Siapa yang Tertua dan Termuda di Playoff?

Umur tak selalu menjadi masalah di dunia basket. Pada playoff saat ini, Guard San Antonio Spurs, Manu Ginobili menjadi pemain tertua yakni 40 tahun (genap 41 tahun Juli nanti). Disusul Jason Terry yang juga berusia 40 tahun.

Pemain termuda adalah Rookie Pacers, Ike Anigbogu yaitu 19 tahun. Tapi, dia jarang tampil. Dan pemain 19 tahun lain yang berpeluang menjadi pemain termuda di lapangan nanti adalah Markell Fultz dari Sixers yang akan berulang tahun ke-20 di bulan Mei.

5. Wilayah Barat Tak Sesuperior Biasanya

Wilayah Barat NBA dikenal selalu lebih ketat dari timur karena berisi banyak tim-tim papan atas. Tapi, musim ini hanya Houston Rockets dan Warriors yang menang 50 kali atau lebih. Sementara di timur, Toronto Raptors, Boston Celtics, Sixers, dan Cavs berhasil mencapai 50 kemenangan.

6. Warriors Harus Super Waspada

Warriors sedang berada dalam kondisi yang tak baik jelang playoff. Mereka membuat capaian 10-10 pada 20 laga terakhir musim reguler. Dalam 20 musim terakhir, tak ada tim yang berhasil memenangi NBA dengan kemenangan kurang dari 11 pada 20 laga terakhir musim reguler.

7. Donovan Mitchell, Sang Rookie Fenomenal

Dengan rataan 20,5 poin perlaga, bintang muda Utah Jazz, Donovan Mitchell, menjadi rookie pertama yang memimpin capaian timnya di playoff. Orang terakhir yang melakukannya adalah Carmelo Anthony dengan 21 poin per laga di Denver Nuggets pada 2003-2004.

8. Timberwolves Harus Buktikan Kemampuan

Menjadi tim terakhir yang dipastikan melaju ke playoff dan ditentukan pada laga terakhir musim reguler, Wolves harus bisa membuktikan kalau mereka layak ada di sana. Wolves memiliki skuat yang cukup kuat dan dipastikan tampil tanpa beban menghadapi Houston Rockets.

9. LeBron Mesin Poin di Playoff

LeBron sejauh ini memimpin raihan poin untuk pemain aktif di playoff dengan 9.127 poin. Ia hanya kalah dari Tim Duncan pada jajaran pencipta poin terbanyak di playoff. Berada dalam kondisi yang sangat prima, LeBron sangat mungkin menambah catatan itu secara signifikan.

10. John Wall Raja Assist di Playoff

Dari semua pemain yang akan tampil di playoff saat ini, Wall adalah pemain dengan rataan assist tertinggi dengan 9,52 assist per laga. Chris Paul berada di belakangnya dengan 9.45 assist, disusul Rajon Rondo 9,07 assist per laga. (din/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed