detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 19 Apr 2018 22:57 WIB

IBL

Satria Muda Bungkam Pelita Jaya di Laga Pertama Final

Mercy Raya, Redzi Arya Pratama - detikSport
Foto: dok. IBL Foto: dok. IBL
Jakarta - Satria Muda Pertamina berhasil merebut game pertama babak final IBL 2018. Mereka menang meyakinkan 73-63 atas Pelita Jaya.

Melakoni duel pertama final di Britama Arena, Kamis (19/4/2018) malam WIB, Satria Muda sukses meredam sang rival. Partai ini sendiri jadi ulangan final musim lalu, di mana Pelita Jaya kala itu tampil sebagai juara.


Tak akan mengherankan kalau Satria Muda punya hasrat lebih untuk memenangi pertemuan kali ini, demi membalas kekalahan menyakitkan musim lalu. Setidaknya Satria Muda bisa merebut game pertama dan mencatatkan awal positif.

Secara statistik, Satria Muda unggul hampir segalanya dari Pelita Jaya. Mulai dari field goal (40-30 persen), rebound total (46-44), total steal (9-7), dan yang paling mencolok adalah persentase tembakan tiga angka dan juga assist.

Satria Muda berhasil membuat 13 tembakan tiga angka sukses sementara Pelita Jaya hanya memasukkan tiga tembakan tiga poin. Dari segi assist, juga cukup terlihat bahwa tuan rumah bermain lebih kolektif dengan 22 total assist, sedangkan tim tamu hanya ada 6 assist.

Satria Muda mencatatkan start apik dengan merebut kuarter pertama 20-12, yang dibalas Pelita Jaya dengan 17-12 di kuarter kedua. Selisih di half time pun terbilang tipis dengan 32-29 untuk keunggulan Satria Muda.


Satria Muda lantas menjaga momentum di kuarter ketiga, mencetak 23 angka sementara lawannya hanya menambah 12 poin. Upaya Pelita Jaya mengejar selisih di kuarter empat menemui jalan buntu, karena sang lawan mampu menjaga keunggulan.

Satria Muda membukukan 18 angka di kuarter penutupan dan Pelita Jaya 22 poin. Laga tuntas dengan kemenangan meyakinkan Satria Muda, 73-63.

Pelita Jaya begitu mengandalkan dua pemain asing mereka, Wayne Bradford dan CJ Giles. Bradford membuat 31 poin dan 9 rebound, dengan Giles menyumbang 11 poin dan 17 rebound. Di kubu Satria Muda, kontribusinya lebih merata.


Ada empat pemain mereka yang mencapai double digit poin. Mulai dari Dior Lowhorn sebagai pencatat poin tertinggi dengan 17 poin, Jamaar Johnson (15), Hardianus (12), dan Arki Dikania Wisnu (13). Itu belum termasuk Kevin Sitorus yang mampu menyumbangkan 9 poin.

Bagi Satria Muda, kemenangan ini menjadi bekal bagus menatap laga kedua, Sabtu (21/4). Sementara untuk Pelita Jaya, kemenangan di laga ini wajib diraih demi memaksakan terjadinya partai ketiga. (raw/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed