detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 26 Apr 2018 17:10 WIB

Timnas Basket 3x3 Asah Kemampuan di Piala Asia

Femi Diah - detikSport
Timnas basket 3x3 berlatih di Jakarta. (Ari Saputra/detikSport) Timnas basket 3x3 berlatih di Jakarta. (Ari Saputra/detikSport)
Jakarta - Tim nasional basket 3x3 bakal turun di Piala Asia FIBA 2018. Bukan semata-mata mengintip kekuatan lawan, ajang itu sekaligus menjadi penilaian pelatih.

Piala Asia FIBA itu bergulir mulai 29 April hingga 1 Mei 2018 di Shenzen, China. Indonesia menurunkan tim putra dan putri dalam ajang itu.

Tim putra harus melewati babak kualifikasi lebih dulu. Tim yang diperkuat Muhammad Reza Fahdani Guntara, Henry Cornelis Lakay, Rivaldo Tandra Pangesthio dan Nuke Tri Saputra. Mereka pun terbang lebih dulu untuk berebut tiket babak grup pada 27-28 April.

Babak kualifikasi diikuti 12 negara. Timnas putra bergabung pada Grup B bersama Australia, Iran, Samoa, Guam dan Hong Kong.

Sementara itu, tim putri, yang diisi oleh Christie Apriyani Rumambi, Yusranie Noory Assipalma, Jovita Elizabeth, dan Lea elvensia Wolobubo Kahol, bakal langsung berlaga di fase grup. Mereka berada di Grup B bersama Yordania dan Taiwan.

Pelatih Timnas basket 3x3 putri, Wahyu Widayat Jati, menyebut ajang itu bakal dijadikan evaluasi untuk anak didiknya. Dia memberlakukan promosi degradasi.

"Yang ke China itu merupakan open tournament. pemain di pelatnas, ikut semua. Pengalaman buat pemain yang masih berada di usia 18 dan 23 tahun. Saya mau lihat kepercayaan diri pemain juga," ujar Wahyu di sela-sela latihan di Jakarta.

"Target di China saya tekankan agar pemain bertanggung jawab menunjukkan best performance. Saya tidak mau pemain merasa nyaman di Timnas," ujar mantan pelatih tim IBL, CLS Surabaya itu. (fem/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed