detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 27 Jul 2018 16:59 WIB

Tunggu Jadwal Pertandingan, Timnas Basket Fokus Bangun Chemistry

Femi Diah - detikSport
Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO
Jakarta - Tiim nasional basket putra tengah menunggu jadwal pertandingan di Asian Games 2018. Arki Dikania Wisnu dkk. sekaligus membangun chemistry para pemain.

Timnas basket putra baru saja menyelesaikan serangkaian uji coba di beberapa negara. Mereka kembali menjalani latihan perdana di Tanah Air, Jumat (27/7/2018).

Salah satu penggawa Timnas basket, Arki, memprediksi persaingan bakal sengit sejak babak grup. Dia akan tampil habis-habisan untuk bisa lolos ke fase gugur.

"Tim-tim yang bertanding di Asian Games memiliki level di atas. Tapi, saya sangat optimistis, untuk apa tampil dalam pertandingan tapi sudah berpikir kalah. Kami harus kasih yang terbaik. kami tuan rumah makanya harus bikin membuat bangga semua orang. Kami akan mencoba sebaik-baiknya," kata Arki.

"Dalam persaingan di Asian Games itu, semua tim berat. Mereka bisa tampil di Asian Games kan bukan karena undangan, tapi memiliki prestasi yang tinggi sehingga bisa gabung timnas masing-masing. Kami enggak bisa bilang ini gampang atau enteng, semua berat," dia menegaskan.




Dengan waktu sempit yang tersisa, Arki berharap jadwal pertandingan bisa segera dirilis. Berdasarkan undian, Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Korea Selatan, Mongolia, dan Thailand.

"Belum bisa bicara detail soal lawan karena jadwal belum ada. Kami harus fokus kepada tim sendiri sebelum tahu jadwalnya. Yang jelas, kami harus fokus satu demi satu pertandingan, mudah-mudahan bisa lolos ke babak berikutnya," ujar Arki.

"Dengan tim ini baru kumpul, kami berupaya keras untuk membangun chemistry, bikin sistemnya, harus ngerti pelatihnya mau apa, juga harus memahami kekurangan dan kelebihan tiap pemain," dia menjelaskan.

"Chemistry mulai terbangun. Saya melihat tim ini sudah seperti keluarga. Tapi, tim ini dibangun oleh pemain-pemain hebat dari klub yang berbeda-beda. Sangat penting untuk bisa menekan ego karena kami berada di timnas," dia menambahkan.

(fem/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com