DetikSport
Senin 13 Agustus 2018, 19:57 WIB

Dilarang NBA Tampil di Asian Games 2018, Pebasket Filipina Ini Kecewa

Redzi Arya Pratama - detikSport
Dilarang NBA Tampil di Asian Games 2018, Pebasket Filipina Ini Kecewa Jordan Clarkson dilarang tampil di Asian Games 2018 oleh NBA (Adam Glanzman/Getty Images)
Cleveland - Harapan Jordan Clarkson tampil di Asian Games 2018 dipastikan musnah. Sebab pebasket Cleveland Cavaliers itu dilarang tampil untuk timnas Filipina oleh NBA.

Mantan pemain Los Angeles Lakers ini memang memiliki darah Filipina dari neneknya. Meski begitu, dia belum sekalipun tampil membela Filipina dan berniat untuk menjalani debut timnas pada Asian Games ini.

Sebelumnya, Clarkson sebenarnya sudah mendapat izin dari Cavaliers maupun Olympic Council of Asia untuk bermain bersama Filipina di ajang ini.







Namun, NBA menolak hal tersebut menilik dari kesepakatan FIBA yang menetapkan bahwa para pemain di NBA hanya bisa berpartisipasi pada Olimpiade, Piala Dunia FIBA, dan kompetisi Piala Kontinental.

"Kesepakatan NBA dengan FIBA adalah mengizinkan para pemain NBA berpartisipasi di Olimpiade, kejuaraan dunia FIBA, kejuaraan kontinental, dan kualifikasi turnamen di setiap asosiasi," ujar juru bicara NBA, Tim Frank, seperti dikutip NBS.

"Karena Asian Games bukan salah satu dari kompetisi itu, maka pemain NBA tidak bisa berpartisipasi. Berdasarkan kesepakatan NBA dengan FIBA, Jordan baru diperbolehkan membela Filipina di kompetisi yang sudah disepakati."

Wajar saja Clarkson mengungkapkan kekecewaannya akan hal itu. Ia mengunggah foto jersey Filipina miliknya yang siap dipakai untuk Asian Games 2018 sambil menulis curhatannya.

"Untuk saudara-saudaraku di Filipina, aku benar-benar kecewa karena tidak diperbolehkan bermain di Asian Games bersama timnas (Filipina). Terlepas dari aku tak ada di sana, aku tetap akan bersama rekan-rekan (Filipina) dalam hati dan semangat," ungkapnya pada akun Facebook.







"Meskipun demikian, hasrat dan ambisiku untuk bermain dengan rekan-rekan senegara masih tetap ada. Aku punya keyakinan bahwa mimpi ini harus segera menjadi kenyataan," lanjut dia.

Banyak fans yang kecewa dengan keputusan NBA ini. Pasalnya, dua pemain China di NBA, Zhou Qi (Houston Rockets) dan Ding Yanyunhang (Dallas Mavericks) bisa tampil di Asian Games 2018.


(mrp/yna)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed