detiksport
Follow detikSport
Rabu, 19 Sep 2018 12:25 WIB

Biasa Tanding di AS, Donald Jaga Emosi Jelang Asian Para Games di Jakarta

Mercy Raya - detikSport
Foto: Ari Saputra/detikSport Foto: Ari Saputra/detikSport
Jakarta - Donald Santoso akan menjalani debut di Timnas basket kursi roda di Asian Para Games 2018. Dia harus pandai-pandai menjaga emosi.

Donald, 29 tahun, bukan cuma kapten Timnas basket kursi roda ke Asian Para Games 2018. Dia juga penggagas Timnas yang dibentuk pada September 2017 itu.

Berpengalaman bermain di liga basket kursi roda di Amerika Serikat bersama Phoenix Wheelchair Suns, Donald gugup menjelang Asian Para Games 2018. Sebab, dia akan tampil di hadapan publik sendiri di Hall A, kompleks Gelora Bung Karno (GBK).

Satu pemanasan pernah dijalani di venue tersebut. Yakni, saat tampil di ajang invitasi, test event Asian Para Games yang digelar 27 Juni hingga 3 Juli itu.




"Ini baru pertama untuk saya. Juga untuk Timnas Indonesia," kata Donald dalam wawancara One on One detikSport.

Bahkan, Timnas basket kursi roda tak berpengalaman tampil di ASEAN Para Games. Timnas belum terbentuk saat pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara itu digelar tahun lalu.

"Sangat antusias (ke Asian Para Games 2018), tapi saya harus fokus satu demi satu pertandingan. Kalau kita terlalu tinggi emosi itu tidak bagus untuk kami. Jadi, emosi kami harus stabil," ujar Donald.

"Kalau saya selalu berpegangan pada filosofi take it day by day and then see what happens," ujar dia.

Di Asian Para Games 2018, basket kursi roda diramaikan sepuluh timnas. Yakni, Indonesia (sebagai tuan rumah), Iran, Jepang, Korea Selatan (lolos otomatis), China, Thailand, Malaysia, Taiwan (kualifikasi Asia tengah dan timur), Irak dan Arab Saudi (kualifikasi Asia barat).

Simak Juga 'Lewat Video Ini, Jokowi Semangati Atlet Asian Para Games':

[Gambas:Video 20detik]

(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed