detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 24 Mar 2019 18:20 WIB

Seleksi Timnas Basket ke SEA Games 2019 Mulai Juni di Jakarta

Mercy Raya - detikSport
Ilustrasi Timnas basket Asian Games 2018. (Agung Pambudhy/detikSport) Ilustrasi Timnas basket Asian Games 2018. (Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta - PP Perbasi akan memanggil 15 pemain untuk mengikuti seleksi tim nasional basket ke SEA Games 2019. Seleksi dimulai Juni atau selepas lebaran.

SEA Games 2019 berlangsung di Filipina mulai 30 November sampai 11 Desember. Khusus cabang olahraga basket, pertandingan dimulai 3 Desember.

Wahyu Widayat Jati menjadi kandidat kuat pelatih Timnas basket putra. Dia mulai bekerja April untuk menentukan pemain yang akan mengisi seleksi tahap pertama.


"Jadi, rencananya April kami akan kirim surat kepada para pemain yang dipanggil untuk diseleksi. Setidaknya, memberi informasi dari jauh-jauh hari bahwa kami akan melakukan training camp di bulan Juni," kata Manajer Timnas basket, Maulana Fareza Tamrella, kepada detikSport, Minggu (24/3/2019).

Rencananya, seleksi tahap pertama diikuti 15 pemain. Nantinya, dilakukan promosi degradasi untuk mencari pemain yang betul-betul terbaik.

"Jadi, kalau ada yang tidak sesuai harapan tinggal kami ganti. Komposisinya 15 (pemain), cuma butuh tiga tim lah untuk main," ujar dia.

Meski proses pemanggilan sudah dilakukan jauh-jauh hari, training camp baru akan digeber dua bulan setelahnya. Fareza ingin ketika seleksi digelar pemain sudah dalam kondisi siap dan fit. Sehingga pelatih juga tak perlu dari nol kembali untuk menggembleng para pemainnya.

"Karena SEA Games awal Desember, jadi masih ada sekitar enam bulan. Dan teman-teman baru beres kompetisi jadi diberi break dulu lah. Dari kemarin kan sejak Asian Games persiapannya panjang," ujarnya menjelaskan.

"Tapi kami berharap para pemain bisa menjaga kondisinya secara pribadi. Sebab, kami akan menjalankan tes fisik di awal-awal seleksi," Fareza mengimbau.

"Lokasi pemusatan latihan mungkin di GBK Arena, Kelapa Gading, dan Kuningan. Yang jelas di Jakarta training camp-nya," kata dia.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed