detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 20 Apr 2019 17:10 WIB

Timnas Basket Direncanakan Pelatnas di Jakarta, Latih Tanding di Serbia

Mercy Raya - detikSport
Timnas basket putra direncanakan menjalani pelatnas di Jakarta dan try out di Serbia. (Foto: Agung Pambudhy) Timnas basket putra direncanakan menjalani pelatnas di Jakarta dan try out di Serbia. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Pelatnas basket putra untuk SEA Games 2019 direncanakan digelar di Jakarta. Lalu skuat dijadwalkan menjalani try out ke Serbia.

SEA Games 2019 berlangsung 30 November sampai 11 Desember tahun ini di Filipina. PB Perbasi bersama Badan Tim Nasional sudah memanggil 15 nama pemain untuk diikuatkan dalam pelatnas tahap pertama menuju ajang ini.




"Ada rencana mungkin pelatnas di Jakarta, kemungkinan besar di tahap 1, untuk memudahkan administrasi, karena bakal banyak ngurus-ngurus ke KONI juga, jadi menurut saya lebih efisien di awal-awal," kata pelatih tim putra Wahyu Widayat Jati kepada detikSport, Sabtu (20/4/2019).

"Jakartanya kami belum putuskan di mana karena kami harus melihat juga dari efisiensi biaya. Saya tak tahu (jumlah biayanya) cuma saat saya meeting dengan manajer dibilang budget dimaksimalkan saja, karena ini beda dengan waktu Asian Games (yang disupport penuh)," dia menjelaskan.

Masalah budget pun ikut berdampak pada lokasi uji coba yang akan mereka lakoni. Wahyu menyebut try out di Serbia menjadi pilihan tepat. Selain Serbia merupakan negara basket, kebutuhan biaya akomodasi dan lainnya juga sama dengan ketika menjalani training camp di Asia.




"Pertama biaya lebih murah, (kedua) tak perlu visa, ketiga ya mereka negara basket. Kenapa saya pilih yang mungkin Eropa dibanding ke Asia, karena penilaian saya kalau bisa dapat pengalaman lebih tinggi dengan harga yang sama, kenapa tidak? Karena ke Korea sama saja kok, seperti visa, makan, segala macam, hitungannya. Jadi di sana (Serbia) lebih reasonable-lah," ujar dia.

"Tapi masih terbuka juga untuk ke mana, semua tergantung budgetnya juga. Karena ini baru kontak satu orang, saya mau coba buka kayak pitching mereka kasih harga yang terbaik dulu, penawaran, program seperti apa. So far baru satu, dan harganya masih tinggi, kami masih cari lagi yang harganya lebih baik," imbuhnya.

Pelatih yang akrab disapa Cacing ini menjadwalkan pemain berada di Serbia selama tiga sampai empat pekan.


(mcy/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed