detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 14 Jun 2019 11:43 WIB

Toronto Raptors Juara NBA

Redzi Arya Pratama - detikSport
Toronto Raptors juara NBA usai mengalahkan Golden State Warriors (Foto: Ezra Shaw/Getty Images) Toronto Raptors juara NBA usai mengalahkan Golden State Warriors (Foto: Ezra Shaw/Getty Images)
Oakland - Toronto Raptors memastikan diri sebagai juara NBA 2018/2019. Raptors mengalahkan Golden State Warriors 114-110 di game 6 final untuk mengunci gelar juara.

Melewati seri final yang ketat, Raptors akhirnya mengunci gelar pada game keenam di kandang Warriors, Oracle Arena, Jumat (14/6/2019) pagi WIB. Raptors unggul 4-2 pada seri final ini.

Pada laga ini, Kawhi Leonard tak setajam biasanya dan hanya mencetak 22 poin. Namun, ada tiga pemain lain yang mampu menembus 20 poin lebih. Mereka adalah pascal Siakam (26 poin dan 10 rebounds), Kyle Lowry (26 poin dan 10 assists), dan tenaga dari bench lewat Fred VanVleet (22 poin).

Di sisi lain, Warriors sangat mengandalkan Klay Thompson yang tajam di tiga kuarter pertama dan menjadi pencatat poin tertinggi tim dengan 30 poin. Tapi di akhir kuarter ketiga, ia salah jatuh, mengalami cedera lutut, dan tak bisa melanjutkan laga.


Sementara itu, Andre Iguodala dan Stephen Curry masing-masing membuat 22 dan 21 poin. Sedangkan Draymond Green membukukan triple-double dengan catatan 11 poin, 19 rebounds, dan 13 assist.

Pertandingan berjalan ketat sejak awal. Warriors maupun Raptors sama-sama tampil agresif.

Pada dua kuarter pertama, Kawhi Leonard belum menonjol. Tapi Raptors punya Pascal Siakam dan Kyle Lowry yang menjadi sumber poin. Raptors unggul 60-57 setelah kuarter kedua.

Namun, Warriors tancap gas pada kuarter ketiga. Andre Iguodala berhasil memperlihatkan perannya sebagai pengganti Kevin Durant dan mencatat poin-poin krusial.

Masalah bagi Warriors kemudian datang ketika kuarter ketiga tersisa tiga menit. Pemain paling tajam mereka di laga ini, Klay Thompson, harus ditarik keluar karena cedera lutut.


Kuarter empat semakin ketat. Kejar mengejar poin benar-benar terjadi. Raptors harus berterima kasih kepada Fred VanVleet. Ia membuat dua tembakan tiga angka krusial di awal kuarter keempat.

Satu menit terakhir semakin panas. Raptors sempat unggul 109-105, namun Warriors kemudian memangkas selisih jadi satu poin lewat tembakan bebas dan layup DeMarcus Cousins.

Tembakan sempurna dari Siakam membawa Raptors unggul 111-108. Namun ia kemudian melalukan foul kepada Curry. Dua tembakan sempurna dicetak Curry untuk membawa Warriors mendekat 110-111.

Warriors kemudian dipastikan menjadi tim yang memegang bola pada momen terakhir laga. Tapi tembakan tiga angka Curry tidak masuk.

Warriors membuat technical foul jelang akhir laga, dan Leonard menutupnya dengan tiga tembakan bebas yang mulus. Raptors menang 114-110.

Ini jadi gelar juara NBA pertama di sepanjang sejarah bagi Raptors.


(nds/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com