detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 25 Jul 2019 17:29 WIB

Toroman Resmi Jadi Pelatih Kepala Timnas Basket Putra

Mercy Raya - detikSport
Pelatih timnas basket putra Rajko Toroman (kanan) bersama Ketua PP Perbasi Danny Kosasih. (Foto: Mercy Raya/detikSport) Pelatih timnas basket putra Rajko Toroman (kanan) bersama Ketua PP Perbasi Danny Kosasih. (Foto: Mercy Raya/detikSport)
Jakarta - Rajko Toroman resmi menjadi pelatih kepala tim nasional basket putra Indonesia. Dia menggantikan posisi Wahyu Widayat Jati.

Toro, panggilan karib Rajko Toroman, sudah hadir di latihan perdana timnas yang digelar di hall basket, GBK Arena, Senayan, Kamis (25/7/2019). Latihan ini merupakan yang pertama untuk timnas usai mengikuti William Jones Cup 2019 di Taiwan.




"Sejak awal proyeksi kami memang Toro akan menjadi pelatih kepala. Sementara jajaran pelatih sebelumnya, Wahyu Widayat Jati dan jajarannya menjadi asisten pelatih," kata manajer timnas basket putra, Fareza Tamrella, di sela-sela mendampingi timnas melakoni latihan.

Toro akan mengemban tugas mempersiapkan timnas untuk dua event besar: SEA Games 2019 dan Kualifikasi FIBA Asia 2021. Ia dinilai tepat menukangi Indra Muhammad Cs karena punya pengalaman di sejumlah klub Eropa dan Asia, termasuk menangani timnas Iran, Filipina, dan Yordania.

Selain itu, Toro juga baru saja membawa tim Mighty Sports asal Filipina menjuarai turnamen William Jones Cup 2019. Mereka mengemas delapan kemenangan, sementara Indonesia berada di posisi delapan dari sembilan peserta.




"Seperti yang sudah diketahui bahwa Toro sendiri sebenarnya sudah memperkenalkan diri kepada pemain sejak tiga pekan lalu. Hanya memang dia baru bergabung karena persiapan William Jones Cup dulu," kata Reza.

"Tapi yang jelas kami berharap dengan kedatangan dia bisa merubah mindset dan mentalitas pemain-pemain kita. Karena melihat hasil kemarin di event internasional tantangan sekali. Meski berat, tapi dengan kehadiran coach Toro bisa mempercepat proses naik kelas tersebut dengan sistem kepelatihan dia."

"Maka itu, sekarang lagi melihat detailnya seperti apa? Adaptasi dulu. Setidaknya dia sudah melihat gambaran dasar tim seperti apa," ujar dia.



Simak Video "Timnas Basket Perkasa di Laga Perdana Tes Event Asian Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com