detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 20 Agu 2019 18:11 WIB

Perbasi Gelar Seleksi Timnas Basket 3x3

Mercy Raya - detikSport
Seleksi timnas basket 3x3 menuju SEA Games 2019 Filipina tahap pertama di Jakarta. (dok. Perbasi) Seleksi timnas basket 3x3 menuju SEA Games 2019 Filipina tahap pertama di Jakarta. (dok. Perbasi)
Jakarta - Sebanyak 15 pemain putra dipanggil untuk mengikuti seleksi nasional tim nasional basket 3x3 menuju SEA Games 2019. Seleksi dibagi tiga tahap.

SEA Games 2019 akan digeber mulai 30 November sampai 11 Desember. Indonesia mengirimkan tim putra basket 3x3, yang baru kali pertama memperebutkan medali di pesta olahraga negara-negara se-Asia Tenggara itu.

Untuk mendapatkan tim terbaik, Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) memanggil 15 pemain yang diseleksi oleh pemandu bakat pada IBL 5x5 musim kemarin.


"Jadi, para pemain yang dipanggil ini merupakan pemain-pemain klub-klub IBL, tetapi ada beberapa data base-nya yang saya melihat sendiri. Mereka ini sudah sering saya lihat dan saya pikir cocok bermain di 3x3," kata pelatih Timnas basket 3x3 putra, Ali Budimansyah, dalam jumpa pers di kawasan Senayan, Sudirman, Selasa (20/8/2019).

"Tentunya, pemain harus gesit, ukuan tinggi badan, kecepatan, dan dia punya Intelligence Quotient (IQ) soal 3x3. Meski belum ada tapi dia punya keahlian yang saya mau, ya saya pilih. Di otak saya itu sebenarnya ada 30 pemain, tapi diciutkan menjadi 15 pemain. Jadi ini lah materi terbaik bagi saya," dia menjelaskan.

Terhadap 15 pemain ini, kata Ali, tidak akan semuanya terpilih. Sebab, ada tiga tahap seleksi yang harus mereka lalui.

"Jadi setiap tahapnya itu setiap pemain kami ikuti ke event-event di luar. Misalnya, besok selesai show case terakhir dari 15, kami ambil 8 terbaik. Dari delapan ini kami bagi dua, masing-masing berjumlah empat pemain. Tim pertama berisi empat pemain akan dikirim ke Maladewa untuk ikut pertandingan 6-8 September. Kami pilih dua-tiga terbaik," Budi menjelaskan.

"Kemudian kami kirim lagi tim kedua yang berisi empat orang tadi, kemudian saat kembali, kami pilih lagi tiga orang. Dijumlah jadi enam orang. Mereka akan dikirim lagi, kemudian dapat empat paling terbaik. Jadi setiap pencoretan kami akan ikut kejuaraan di luar karena dengan itu kami bisa menilai. Apakah si pemain ini mampu atau tidak. Sebab, kalau di Indonesia sparring-nya siapa? Tidak ada," dia menambahkan.

Berikut nama-nama pemain seleksi basket 3x3 ke SEA Games 2019:

1. Oki Wira Sanjaya (Stapac Jakarta)
2. Avan Seputra (Satria Muda Pertamina Jakarta)
3. M. Sandy Ibrahim Aziz (Satria Muda Pertamina Jakarta)
4. Reggie William (Pelita Jaya Basketball)
5. Kevin Yonas Argadiba Sitorus (Satria Muda Pertamina Jakarta)
6. Danny Ray (Prawira Bandung)
7. Surliyadin (Prawira Bandung)
8. Rizky Effendi (Stapac Jakarta)
9. Kevin Moses Eliyazer Poetiray
10. Katon Adjie Baskoro (Pelita Jaya Basketball)
11. Henry Cornelis Lakay (Satya Wacana Salatiga)
12. Respati Ragil Pamungkas (Pelita Jaya Basketball)
13. Moh. Saroni (CLS Knights Indonesia)
14. Moh Alan As'adi (Bima Perkasa Jogja)
15. Stefan Carsera (West Bandit)



Simak Video "Kecintaan Ranie Palma di Skuat Timnas Basket 3x3"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com