detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 10 Des 2019 03:18 WIB

Kalah dari Filipina, Tim Basket Putra Indonesia Realistis

Randy Prasatya - detikSport
Timnas basket putra sadar dengan kekuatan Filipina usai kekalahan telak di semifinal SEA Games 2019. (Foto: Grandyos Zafna) Timnas basket putra sadar dengan kekuatan Filipina usai kekalahan telak di semifinal SEA Games 2019. (Foto: Grandyos Zafna)
Manila - Timnas basket putra Indonesia gagal ke final SEA Games 2019 usai kalah telak 70-97 dari Filipina. Indonesia mengakui kekuatan Filipina memang unggul jauh.

Bertanding di Mall of Asia Arena, Senin (9/12/2019) malam, Indonesia menyerah dengan margin skor mencolok, 70-97. Padahal, Indonesia sempat memberi perlawanan sengit di dua kuarter awal dengan skor 20-24.

Serampungnya kuarter kedua, Indonesia hanya tertinggal 28-39 dari Filipina. Akan tetapi, jalannya laga berubah drastis di dua kuarter terakhir karena Indonesia mulai kesulitan mencetak angka, sedangkan Filipina kian nyaman dalam menyerang.


Juan Lauren Kokodiputra menyumbang 20 poin untuk Indonesia, yang diikuti Andakara Prastawa 17 poin dan lima assist.

Dengan kekalahan ini, target minimal meraih medali perak SEA Games 2019 gagal dipenuhi oleh Indonesia. Pelatih Timnas Basket, Rajko Toroman, tetap memberi apresiasi untuk Prastawa dan kolega.

"Kita harus realistis. Filipina adalah tim kuat, mereka mendapatkan banyak keuntungan hari ini, keuntungan kandang, dan mereka juga diisi oleh banyak pemain keturunan Filipina-Amerika," kata Toroman.


"Kita di tiga kuarter sangat kompetitif saat menghadapi mereka dan itu membuat saya merasa optimistik. Dengan sistem yang kita miliki, saya juga merasa sangat optimistis bisa melakukan sesuatu, tapi mereka sangat kuat, rebound baik dan kuat di dalam kotak," tegasnya.

Prastawa juga mengakui bahwa Filipina masih di atas Indonesia. Dia mengapresiasi perjuangan rekan-rekannya.

"Saat ini memang Filipina masih di atas kita. Big man juga besar-besar dari pemain kita. Dari 97 poin mereka 60 poin dari paint area," kata Prastawa kepada detikSport. "Tapi saya suka dengan pemain (Indonesia) sudah berjuang. Sekarang fokus buat besok," tegasnya.

Simak Video " Hore! Jokowi Bakal Kasih Bonus Buat Atlet SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com