detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 03 Jan 2020 20:09 WIB

Andai Gagal Naturalisasi, Timnas Basket Akan Minta Ronaldo Sitepu Comeback

Mercy Raya - detikSport
Christian Ronaldo comeback? (instagram @ronaldositepu) Christian Ronaldo comeback? (instagram @ronaldositepu)
Jakarta - PP Perbasi mengupayakan naturalisasi Lester Prosper dan Brandon Jawato segera rampung, sebab Kualifikasi FIBA Piala Asia 2021 makin dekat. Andai gagal Christian Ronaldo Sitepu menjadi pengganti.

Lester dan Jawato masuk dalam 12 susunan pemain yang akan diturunkan di Kualifikasi Piala Asia. Prosper menggantikan Denzel Bowles yang dipulangkan karena mengalami gangguan bipolar. Pemain Britania Raya itu sudah menjalani latihan sejak November 2019. Sementara itu, Jawato keluar masuk di Timnas.

Dua bulan berlalu, Lester dan Jawato belum mengantongi paspor Indonesia. Perbasi bilang masih ada kendala administrasi.

"Proses naturalisasi sudah on going. Prosper sudah mengarah positif, cuma ada beberapa dokumen yang harus ditandatangani di salah satu kementerian. Tapi, karena saat ini masih periode libur jadi baru Senin pekan depan kami proses lagi," kata Manajer Timnas Basket Indonesia, Maulana Fareza Tamrella, ketika ditemui di kawasan Karet, Jakarta, Jumat (3/1/2019).


"Sementara itu, untuk Jawato kami berharap Perbasi melobi FIBA untuk memberi keringanan dan dibuat statusnya sebagai pemain lokal karena kebetulan orang tuanya dari Bali," dia menjelaskan.

Andai proses naturalisasi belum selesai sampai awal Februari saat laga-laga Kualifikasi Piala Asia bergulir, Timnas akan mencari alternatif. Mereka memanggil lagi Dodo, sapaan karib Christian Ronaldo Sitepu.

"Jika dua-duanya tak dapat, kami akan persiapkan pemain lain. Kami sudah berkoordinasi tim-tim IBL dan kami tak akan ganggu persiapan mereka. Jadi, kami akan ambil dua pemain nonIBL untuk join di windows (kualifikasi FIBA Piala Asia) Februari jika dua pemain asing ini tidak bisa, terutama paspor," kata Fareza.

"Salah satunya adalah Christian Ronaldo Sitepu. Kami sudah ada pendekatan dengan dia. Dia sudah pensiun dan dia tidak bernaung di klub apapun. Selain itu, kekurangan kami di bigman," dia menerangkan.

"Deadline-nya satu minggu sebelum 20 Februari. Jadi terakhir kali itu 13 Februari itu finalisasi roosternya," ujarnya.



Andai Gagal Naturalisasi, Timnas Basket Akan Minta Ronaldo Sitepu Comeback


Simak Video "Timnas Basket Perkasa di Laga Perdana Tes Event Asian Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com