detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 04 Jan 2020 08:43 WIB

Pertimbangan-pertimbangan Ronaldo Sitepu kalau Balik ke Timnas Basket

Mercy Raya - detikSport
Christian Ronaldo Sitepu punya banyak pertimbangan jika harus kembali ke timnas basket (Foto: instagram @ronaldositepu)
Jakarta - Ada wacana untuk meminta Christian Ronaldo Sitepu kembali ke timnas basket Indonesia. Namun Dodo --sapaan karib Ronaldo Sitepu-- punya banyak pertimbangan.

Nama Dodo pertama kali diusulkan oleh manajer timnas basket Indonesia, Maulana Fareza Tamrella. Kebutuhan akan bigman untuk menghadapi Kualifikasi FIBA Piala Asia 2021 jadi pertimbangan utamanya.

Timnas basket Indonesia sejatinya sudah memiliki pemain asing asal Britania Raya Lester Prosper yang sudah berlatih dengan timnas sejak pertengahan November lalu. Namun, dia belum mengantongi paspor Indonesia karena proses naturalisasinya masih terkendala administrasi.

Jika proses naturalisasi tak selesai sampai batas waktu pengumuman rooster final pada 13 Februari, Perbasi berniat untuk memanggil kembali Dodo. Proses lobi sudah dilakukan dengan mengajukan surat kepada pimpinan tempat Dodo bekerja.


Dodo sudah pensiun sejak Mei 2018. Pria berusia 33 tahun itu kini bekerja sebagai karyawan di sebuah bank.

Namun Dodo punya banyak pertimbangan jika kembali memperkuat timnas basket Indonesia. Selain tanggung jawab di kantor, fisik juga jadi perhatian mantan pemain Satria Muda itu.

"Saya belum bilang bersedia karena banyak yang dipertimbangkan," kata Dodo dalam pesan singkatnya kepada pewarta, Jumat (3/1/2019).

"Panggilan untuk bela negara memang selalu saya pikirkan tapi sekarang kan saya sudah bekerja. Jadi itu menjadi satu pertimbangan saya juga," dia menjelaskan.

"Intinya hal yang paling saya fokuskan saat ini adalah karier dan team saya di kantor sekarang ini. Saya punya tanggung jawab juga soalnya di sini," ujarnya.


Fisik Jadi Tantangan Besar

Tak semata-mata mempertimbangkan pekerjaan barunya, Dodo juga memikirkan fisiknya yang tak seperti dulu. Apalagi dia sudah tak seintens latihan ketika dia bergabung dalam klub.

"Untuk mengejar ketertinggalan fisik saya dibandingkan teman-teman pasti akan menghabiskan waktu dan latihan yang lumayan ketat dan akan menyita waktu. Sebab, kalau masuk tapi tak bisa memberikan kontribusi buat apa toh," dia menjelaskan.

"Jika bicara idealnya untuk mengembalikan fisik tentu harus dari sekarang mulai latihan. Makanya hal-hal itu yang mereka perlu dipertimbangkan juga," ujarnya.

Pertimbangan-pertimbangan Ronaldo Sitepu kalau Balik ke Timnas Basket




Simak Video "Timnas Basket Perkasa di Laga Perdana Tes Event Asian Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com