detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 07 Jan 2020 20:55 WIB

Timnas Berencana Panggil Ronaldo, Adhi Pratama: Masa Sih?

Mercy Raya - detikSport
Foto: instagram @ronaldositepu
Jakarta - Bigman Pelita Jaya, Adhi Pratama Prasetyo Putra, terkejut dengan rencana PP Perbasi memanggil Christian Ronaldo Sitepu. Kenapa?

Indonesia dikejar waktu menatap Kualifikasi FIBA Asia 2021. Skuad Timnas Indonesia belum komplet lantaran dua pemain asing, Lester Posper dan Brandon Jawato, belum juga mengantongi paspor Indonesia.

Dua pemain yang akan dinaturalisasi itu dibutuhkan Timnas Basket Indonesia untuk mengisi bigman. Dengan potensi proses naturalisasi memakan waktu panjang, Perbasi menyiapkan opsi pengganti. Dia menyiapkan Ronaldo Sitepu, pemain yang hampir dua musim pensiun. Adhi tak menyangka Dodo, sapaan karib Ronaldo Sitepu, kembali ke Timnas.


"Dodo masa mau? Pertama dia sudah kerja dan sudah kontrak. Dia juga minimal enam bulan harus adaptasi lagi. Kan tak butuh cepat. Paling enam bulan baru balik ke semula. Jadi saya pikir tak mungkin," kata Adhi di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

"Jika itu terjadi, Indonesia butuh mentor seperti dia. Dodo itu saya akui masih one of the best leader di basket Indonesia," dia menambahkan.

Adhi menilai sulitnya Indonesia mencari pemain yang berukuran tubuh besar cukup sulit. Kendati tersedia belum tentu sesuai dengan kriteria yang diinginkan pelatih.

"Bigman stoknya banyak tapi pelatih punya selera sendiri. Mungkin bigman yang tidak dipanggil tak sesuai selera dia (pelatih Timnas)," Adhi menjelaskan.

"Makanya, sebenarnya saya (setuju) kalau ada Lester (Prosper) sekarang karena kita memang butuh naturalisasi di bigman. Tinggal bagaimana manajermennya," dia menambahkan.

Adhi sendiri sebelumnya masuk dalam pemanggilan timnas Indonesia menuju SEA Games 2019 dan FIBA Piala Asia 2021. Namun, kondisinya belum sepenuhnya bugar pasca cedera lutut kiri yang dialaminya.



Simak Video "Timnas Basket Perkasa di Laga Perdana Tes Event Asian Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com