detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 27 Jan 2020 09:30 WIB

Ini Helikopter Nahas yang Dinaiki Kobe Bryant dan Putrinya

Doni Wahyudi - detikSport
Helikopter Sikorsky S-76 yang jatuh dan menewaskan Kobe Bryant, putrinya, dan tujuh orang lain
Jakarta -

Helikopter Sikorsky S-76B mengalami kecelakaan yang menewaskan Kobe Bryant dan putrinya. Helikopter tersebut merupakan kendaraan udara eksekutif dan umum dipakai medis.

Dikutip dari Los Angeles Times, helikopter Sikorsky S-76 yang jatuh menewaskan total sembilan orang, termasuk Kobe dan putrinya, merupakan produksi tahun 1991. Helikopter tersebut mengalami kecelakaan di menjelang pukul 10.00 pagi waktu setempat, di dekat Las Virgenes Road, kawasan selatan Agoura Road.

Helikopter lepas landas dari Bandar udara John Wayne pukul 9:06 waktu setempat. Menurut laporan penerbangan, helikopter terbang melintasi Boyle Heights, tak jauh dari Stadion Dodger, lalu berputar di atas Glendale.

Ini Helikopter Nahas Dinaiki Kobe Bryant dan PutrinyaFoto: lockheedmartin.com



Sikorsky S-76 merupakan helikopter multi guna komersial hasil produksi Sikorsky Aircraft Corporation. S-76 memiliki mesin turboshaft ganda, dengan empat buah bilah baling-baling utama dan juga di bagian ekor.

S-76 pertama diproduksi tahun 1977. Sementara yang crash dan menewaskan Kobe adalah bikinan 1991. Menurut data Dewan Keselamatan Transportasi Amerika Serikat, helikopter yang jatuh itu tidak pernah ada catatan kecelakaan sebelumnya.

"Kami menyampaikan duka cita yang begitu mendalam kepada semua yang terkait dengan kecelakaan Sikorsky S-76B di Calabasas, California, hari ini. Kami sudah melakukan kontak dengan NTSB dan siap memberikan bantuan serta dukungan pada otoritas yang melakukan investigasi dan juga untuk pelanggan kami," demikian pernyataan resmi Sikorsky Aircraft Corporation.



Dikutip dari FOX61, S-76B merupakan helikopter yang umum dimiliki para eksekutif. Helikopter ini juga banyak digunakan sebagai kendaraan udara medis. Di sisi lain, pihak Sikorsky Aircraft Corporation mengklaim helikopter produksi mereka telah melakukan lebih dari 7,4 juta jam terbang tanpa kecelakaan.

"Keselamatan adalah prioritas kami; jika ditemukan fakta yang bisa ditindaklanjuti dari penyelidikan, kami akan menginformasikan pada pelanggan S-76 kami," lanjut pernyataan itu.

Selama 20 tahun aktif bermain di NBA, Kobe Bryant hanya membela Los Angeles Lakers. Dia menyumbang 5 gelar juara NBA, dua medali emas Olimpiade untuk AS, dan menyabet penghargaan MVP pada 2008.



Simak Video "Istri Tulis Pesan Haru atas Meninggalnya Kobe Bryant dan Gianna"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com