detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 27 Jan 2020 12:42 WIB

Tentang Nomor 8 dan 24 Kobe Bryant

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Kobe Bryant yang identik dengan nomor 8 dan 24 selama berkarier di NBA (Harry How/Getty Images)
Los Angeles -

Kobe Bryant identik dengan jersey nomor 8 saat mengawali karier di Los Angeles Lakers. Tapi, dia kemudian mengubah nomor jersey ke-24. Ada apa?

Duka kini tengah menyelimuti NBA setelah Bryant meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter, Senin (27/1/2020) dini hari WIB WIB. Kecelakaan tersebut dilaporkan TMZ terjadi di kawasan Calabasas, California.

Helikopter yang ditumpangi pria 41 tahun ini dikabarkan terjatuh dan terbakar saat perjalanan menuju Mamba Academy. Selain Kobe, empat orang lainnya juga tewas dalam kecelakaan itu termasuk sang anak legenda La Lakers tersebut, Gianna Maria Onore (13 tahun).

Tak ada yang menyangka Kobe pergi secepat itu di saat dia tengah menikmati masa pensiunnya sejak 2016 silam. Kobe adalah bintang besar di NBA setelah Michael Jordan dan apapun yang menyangkut dia selalu menarik untuk diberitakan.



Salah satunya adalah terkait keputusannya mengubah nomor jersey di musim 2006/2007 dari 8 menjadi 24. Padahal Kobe begitu lekat dengan nomor 8 saat dia memulai kariernya bersama Lakers.

Dengan nomor 8 di punggungnya, Kobe membuat total 16.777 poin dan meraih tiga titel NBA beruntun sedari 2000 hingga 2002. Dia juga tampil delapan kali di laga NBA All-Star.

Nomor 8 digunakan karena saat dia pertama kali masuk Lakers pada 1996, nomor 24 yang digunakan sejak meniti karier di SMA sudah dipakai George McCloud.



Tadinya, Kobe ingin memakai nomor 33 yang sempat dipakainya juga di SMA, tapi nomor itu juga dipensiunkan untuk penghormatan kepada Kareem Abdul-Jabar. Maka dari itu, Kobe harus menunggu sepuluh tahun sebelum akhirnya bisa memakai nomor 24.

"Ketika saya pertama kali datang dan mengenakan nomor 8, itu artinya saya sedang mencoba mencari jati diri. Saya harus membuktikan diri dulu bahwa saya pantas di liga ini. Saya harus membuktikan bahwa saya salah satu yang terbaik. Anda harus mengejar itu. Non-stop dan agresif," ujar Kobe soal nomor 8 yang digunakannya.

"Lalu dari situ saya bisa mendapat nomor 24. Atribut fisik tak lagi penting, karena saya semakin dewasa. Menikah, punya anak. Mulai punya cara pandang yang lebih luas karena menjadi salah satu pemain senior di tim ini, sebagai lawan untuk para pemain muda. Semua berubah," sambungnya.

Selama memakai nomor 24, Kobe tak kehilangan maginya karena membawa Lakers dua kali juara pada 2009 dan 2010 serta dua kali MVP Final serta tampil 10 kali di All-Star.

Sementara untuk perolehan poin, Kobe lebih produktif dengan 16.866 poin dan membuatnya masuk daftar tiga besar top scorer sepanjang masa NBA, sebelum digeser LeBron James kemarin.

Selamat jalan, Kobe!



Simak Video "Kejutan di Pertandingan Perdana LA Lakers Usai Kepergian Kobe "
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com