detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 28 Jan 2020 11:45 WIB

Menpora Minta Atlet Basket Indonesia Tiru Profesionalisme Kobe Bryant

Mercy Raya - detikSport
Timnas U-19 melakukan latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Pemusatan latihan ini ditonton langsung Menpora Zainudin Amali hingga Ketum PSSI Mochamad Iriawan. Menpora Zainudin Amali turut berduka atas meninggalnya Kobe Bryant. (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali ikut berduka atas tewasnya legenda NBA Kobe Bryant. Amali berharap sikap profesional Kobe dapat ditiru pemain basket Indonesia.

Kobe dan putrinya, Gianna Onare, mengalami kecelakaan helikopter dalam perjalanan menuju Mamba Academy, California, Minggu (26/1/2020) dini hari WIB. Ada tujuh korban lain di dalam helikopter itu.

Kematiannya cukup mengejutkan basket dunia. Bahkan, Menpora Amali mengaku kaget mendengar berita itu dan menyampaikan belasungkawa melalui Instagram Kemenpora.

"Saya berduka untuk Kobe Bryant. Saya melihat Kobe sangat menginspirasi pemain-pemain bola basket. Dia melegenda seperti Michael Jordan, di antara itu ada Magic Johnson, yang juga pensiun karena mengidap HIV," kata Amali kepada pewarta di lantai 10, Kantor Kemenpora, Senayan.

Amali memang cukup kehilangan Kobe. Dia rutin mengikuti aksi-aksi Kobe bersama LA Lakers melalui televisi. Dia menyebut Kobe memiliki ciri khas sehingga mudah diingat.Selain itu, kedisiplinan dan kisah-kisah di luar lapangan membuat Amali repek kepadanya.

"Saya suka saja nonton dia. Setelah Jordan, dia juga memiliki kekhasan lain dan itu menginspirasi. Kalau melihat Jordan itu memasukkan bola sambil membelakangi ring, sementara dia itu bagus drive-drive-nya. Dia sekelas itu. Tapi yang menyedihkan Kobe mengalami keadaan tragis bersama putrinya. Saya ikut berduka," dia menjelaskan.

Meski menyisakan duka bagi penggemarnya, mendiang Kobe meninggalkan sejumlah prestasi yang bisa dipetik pebasket-pebasket Indonesia.

"Dia sangat disiplin, dia tahu pemain profesional sehingga kehidupan sehari-harinya bagus. Nah, itu yang patut ditiru pemain-pemain kita jika ingin jadi pemain profesional," ujar menteri asal Gorontalo itu.

"Harus sejak sekarang dijaga sehingga begitu masuk profesional kelakuannya jangan seperti amatir. Itu yang rata-rata masih kelihatan di anak-anak kita. Jadi, profesional itu tak hanya status tapi sikap, pola hidup, harus sudah begitu. Jika tidak pasti drop prestasinya," Amali mengimbau.



Simak Video "Istri Tulis Pesan Haru atas Meninggalnya Kobe Bryant dan Gianna"
[Gambas:Video 20detik]
(iah/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com