detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 03 Feb 2020 17:28 WIB

PP Perbasi Gelar Liga 3x3 Agustus Mendatang

Mercy Raya - detikSport
Liga Basket 3x3 PP Perbasi menggelar Liga 3x3. (Foto: Mercy Raya/detikcom)
Jakarta -

PP Perbasi menggelar Liga 3x3 pada Agustus mendatang. Ada 12 tim yang ambil bagian, salah satunya Timnas Indonesia 3x3.

Indonesia melalui PP Perbasi dipercaya untuk menggelar liga bertajuk 3x3 EXE Premier, bersama empat negara lain yaitu Jepang, Thailand, New Zealand, Taiwan.

Di Indonesia sendiri rencananya akan diikuti 12 tim 3x3 pro yang terdiri dari 11 tim di main draw dan 1 tim untuk yang berhasil lolos di babak kualifikasi. Kompetisi dimulai Agustus hingga September 2020.

11 tim ini merupakan klub-klub dari Indonesia Basketball League (IBL) dan non IBL di Jakarta, sedangkan satu tim lainnya merupakan pemenang dari kualifikasi yang digulirkan di empat daerah.

"Jadi di Jakarta ada 12 tim yang bermain. Nah, dari 12 ini, 1 di antaranya akan kami undang, nah satu tim lainnya akan kami kasih ke daerah. Caranya, kami akan undang daerah mau tidak buat liga. Jika mau kami support. Katakan ada Yogyakarta, Medan, Bandung, Jawa Timur," kata ketua 3x3 PP Perbasi, Rama Datau, usai jumpa persnya di kawasan Karet, Senin (3/2/2020) sore.

"Nanti juara di masing-masing kota ini akan kami kirim ke Jakarta untuk diadu kembali dan mendapat yang terbaik. Dari yang terbaik ini yang akan mengisi slot satu tim daerah tersebut," sambungnya.

Rama menjelaskan untuk mengikuti liga ini, pihaknya tak membatasi asalnya. Artinya, mereka menerima klub dari IBL maupun nonIBL namun dengan pemain yang memiliki kualitas sama dengan klub lainnya.

"IBL dan nonIBL terbuka. Kami sudah bicara dengan tim-tim IBL dan mereka minat. Tapi untuk nonIBL seperti Stapac, kemungkinan bisa saja asal komitemnya tiga tahun. Kami memilih komitmen selama itu karena liga tidak akan berkembang kalau hanya on off, on off saja. Jadi nanti tim 11 ini akan komitmen akan ikut tiga tahun," dia menjelaskan.

Nantinya, hasil dari liga ini juga sebagai bibit atlet menuju Olimpiade 2024.

"Kami ingin lebih mempersiapkan tim secara serius. Di SEA Games 2019 kami bisa meraih perak padahal itu pertama kali dipertandingkan. Jadi minimal dengan adanya liga ini, di SEA Games tahun depan kita bisa meraih emas, lalu masuk Asian Games, dan lolos Olimpiade 2024 Prancis," ujar dia.

"Ini bukan angan-angan atau mimpi siang bolong karena sebenarnya kita bisa. Tinggal pemain dan pelatihnya disiapkan untuk lebih baik dan liganya ada meski butuh proses untuk seperti IBL," dia menambahkan.

Tim basket 3x3 meraih hasil bagus di SEA Games 2019. Mereka berhasil membawa pulang medali perak.



Simak Video "Kecintaan Ranie Palma di Skuat Timnas Basket 3x3"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com