detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 03 Feb 2020 19:38 WIB

Menuju Olimpiade 2020, Timnas 3x3 Putri Ikut Turnamen Kualifikasi di India

Mercy Raya - detikSport
Combiphar ikut mendukung Tim Nasional 3x3 basket putri menuju Olimpiade 2020 di Manila. Timnas basket putri 3x3 akan mengikuti turnamen kualifikasi Olimpiade 2020 di India (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Usai berlaga di SEA Games 2019, timnas basket 3x3 putri akan tampil di kualifikasi Olimpiade 2020. Mereka akan mengikuti turnamen di India.

Timnas 3x3 putri gagal memenuhi target medali perak di SEA Games 2019 Filipina setelah tak lolos ke semifinal. Mereka hanya mencatatkan satu kemenangan dari lima laga di penyisihan.

Meski perolehan di multievent bangsa-bangsa Asia Tenggara itu jauh dari harapan, PP Perbasi tetap mempersiapkan timnas 3x3 putri ke ajang yang lebih tinggi.

Mereka akan mengikuti FIBA 3x3 Olympic Qualifying Tournament di Bangalore, India, pada 18-22 Maret 2020. Indonesia masuk dalam pool A bersama Prancis, Amerika Serikat, Jerman, dan Uruguay.


Di atas kertas, Indonesia yang berperingkat 23 di FIBA tak diunggulkan dari rival-rivalnya yang berasal dari luar benua Asia itu. Prancis merupakan tim peringkat tiga FIBA, AS di posisi sembilan, dan Jerman berperingkat 19. Sedangkan, Uruguay berada di peringkat 29.

"Di pra-kualifikasi ini kami tak diberi target khusus oleh bapak Ketua Umum PP Perbasi. Tapi bagaimana membangun mental anak-anak agar bisa lebih kompetitif di ajang yang lebih tinggi," kata manajer timnas 3x3 putri, Norman Sebastian, di kawasan Karet, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Meski tanpa target, Norman tetap mempersiapkan tim sebaik-baiknya agar setidaknya mampu menyaingi tim di grup tersebut. Salah satu upayanya adalah dengan training camp di Jepang.

"Mereka akan melakukan uji coba dengan klub-klub profesional di Jepang selama seminggu pada 28 Februari sampai 3 Maret. Di sana mereka juga bisa melatih chemistry satu sama lain karena untuk komposisi timnya akan sedikit berubah dengan waktu di SEA Games," dia menjelaskan.

"Tapi kami harap bisa ambil satu game, mungkin melawan Uruguay atau Jerman. Meski sulit karena ini grup neraka tapi kami coba melakukan yang terbaik," sambungnya.



Simak Video "Kecintaan Ranie Palma di Skuat Timnas Basket 3x3"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
d'Mentor
×