detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 12 Feb 2020 17:56 WIB

SK Naturalisasi Prosper dan Jawato Segera Diteken Jokowi

Mercy Raya - detikSport
Brandon Jawato Brandon Jawato bakal dinaturalisasi Perbasi (Rengga Sancaya/detikSport)
Jakarta -

Nasib naturalisasi dua pemain basket Lester Prosper dan Brandon Jawato mulai ada titik terang. Surat keputusan naturalisasi akan diteken Presiden Joko Widodo.

Lester dan Jawato masuk dalam 12 susunan pemain yang diturunkan di Kualifikasi Piala Basket Asia. Prosper sudah menjalani latihan sejak November 2019. Sementara itu, Jawato keluar masuk di Timnas.

Keduanya tergabung dalam pemusatan latihan timnas dan mengikuti kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) memperkuat Indonesia Patriots dalam rangka persiapan kualifikasi Piala Asia windows satu 20-23 Februari di Jakarta.

Sembari persiapan, proses naturalisasi dua pemain itu terus digeber agar cepat dikeluarkan oleh pemerintah. Setelah tiga bulan menunggu akhirnya mulai ada jawaban.



"Yang saya dengar akan ditandatangani Presiden hari ini. Ya, kita tunggu saja karena untuk mengurus proses naturalisasi ini ada timnya lagi," kata Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih, ketika ditemui di kawasan Karet, Rabu (12/2/2020).

Danny menjelaskan, proses ini harus dikebut karena waktu persiapan kian mendesak. Sementara, skuat Merah Putih membutuhkan pemain asing agar mampu bersaing di level Asia. Di windows pertama, Indonesia akan menghadapi Korea Selatan dan Filipina.

"Untuk itu, kami harapkan (proses naturalisasi) bisa beres. Sebab, dengan pemain naturalisasi bisa membantu kita banyak tapi kalau tidak, ya harus fight," dia menjelaskan.



"Cuma jangan sampai yang dilihat federasi internasional melihat, kok kenapa, naturalisasi tak selesai, apakah negaranya tak dukung, enggak enak itu. Tapi yang penting kita sudah melakukan dan usaha yang terbaik," sambungnya.

Di sisi lain, proses naturalisasi ini juga membutuhkan biaya yang tidak kecil. Perbasi harus mengakomodasi kebutuhan pemain tersebut sampai proses naturalisasi selesai.

"Nah, sekarang sudah mepet begini kalau tak keluar kan sayang. Saya harap hari ini pasti ada yang kita lihat," ujar Danny.



Simak Video "Poyuono Yakin Jokowi Akan Reshuffle: Ahok Mungkin Jadi Menteri BUMN"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com