detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 23 Feb 2020 12:38 WIB

Batal Dicoret Timnas Basket, Abraham Damar Dihukum Bakti Sosial

Randy Prasatya - detikSport
Abraham Damar Grahita, timnas basket Indonesia Abraham Damar tetap berada di skuat Timnas Basket Indonesia. (Foto: Mercy Raya/detikSport)
Jakarta -

PP Perbasi membatalkan sanksi larangan bermain kepada Abraham Damar Grahita. Damar tetap dalam skuat Timnas Basket Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2021.

Keputusan ini diambil dari hasil pertemuan antara Perbasi dan timnas, yang berlangsung Sabtu (22/2/2020).

"Manajemen Timnas tidak dalam kapasitas memberikan hukuman kepada pemain. Maka kami melaporkannya pada Perbasi," kata manajer timnas, Fareza 'Mocha' Tamrela.

"Jika pun ada sanksi, itu wewenang PP Perbasi, bukan Timnas ," sambungnya.

Damar juga menyampaikan permintaan maafnya atas sikapnya yang dianggap tidak sopan dalam konferensi pers. Damar mengaku menyesali hal itu.

"Saya meminta maaf kepada PP Perbasi, Badan Tim Nasional, Coach dan Manajer serta rekan setim di Timnas, dan penggemar bola basket di seluruh Indonesia atas sikap kurang terpuji saat saat jumpa pers usai pertandingan melawan Korsel," ungkap Damar.

Meski tak jadi dicoret dari timnas, Damar mendapat hukuman percobaan. Damar diminta melakukan bakti sosial satu kali selama sebulan. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 006/PP/II/2020.

1. Menyatakan dengan sah dan meyakinkan bahwa Abraham Damar telah melakukan pelanggaran etika dan sikap sebagai Pemain yang sedang membela Tim Nasional di kejuaraan dengan skala Internasional.

2. Menjatuhkan hukuman percobaan terhadap Abraham Damar Grahita sampai dengan 31 Desember 2020, apabila yang bersangkutan mengulangi hal yang serupa dan/ atau menyerupai kejadian yang sama maka PP Perbasi akan meninjau ulang Surat Keputusan ini dan akan menjatuhkan sanksi yang lebih berat.

3. Memerintahkan Abraham Damar Grahita untuk melakukan bakti sosial sebanyak 1 (Satu) kali dalam satu bulan sampai masa hukuman selesai.

4. Bahwa Abraham Damar Grahita dapat membela Tim Nasional kembali pada pertandingan selanjutnya.

Berdasarkan surat keputusan itu Abraham akan bisa membela Timnas Indonesia pada laga melawan Filipina, Minggu (23/2) di Mahaka Arena, Kelapa Gading, Jakarta.

Batal Dicoret Timnas Basket, Abraham Damar Dihukum Bakti Sosial



Simak Video "Ini Penampakan Jersey Kandang Terbaru MU"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com