detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 12 Mar 2020 21:00 WIB

Profil Rudy Gobert, Pemain NBA yang Positif Terkena Virus Corona

Muhammad Rifqie Putra - detikSport
CHICAGO, ILLINOIS - FEBRUARY 15: Rudy Gobert of the Utah Jazz speaks to the media during 2020 NBA All-Star - Practice & Media Day at Wintrust Arena on February 15, 2020 in Chicago, Illinois. NOTE TO USER: User expressly acknowledges and agrees that, by downloading and or using this photograph, User is consenting to the terms and conditions of the Getty Images License Agreement. (Photo by Jonathan Daniel/Getty Images) Foto: Getty Images/Jonathan Daniel/Profil Rudy Gobert, Pemain NBA yang Positif Terkena Virus Corona
Jakarta -

Tidak ada yang berbeda sebelumnya pada pertandingan Oklahoma City Thunder menghadapi Utah Jazz di Chesapeake Energy Arena pada Kamis (12/03/20). Hingga akhirnya, ada pengumuman bahwa Center dari Utah Jazz, Rudy Gobert dinyatakan positif Corona.


Berita ini pertama kali disiarkan oleh Shams Charania dari The Athletic, Gobert menjadi pemain NBA pertama yang positif Corona. Sebelumnya, Utah Jazz mengumumkan bahwa dua pemainnya Gobert dan Mudiay tidak bermain menghadapi Thunder karena sedang sakit.


Celakanya, ketika konferensi pers pada Senin, Gobert menyentuh seluruh perangkat konferensi pers mulai dari mikrofon, perekam, dan juga telepon yang ada di meja konferensi pers. Ini tentu menjadi kekhawatiran banyak orang karena benda bisa menjadi medium penyebaran dari virus Corona.


Atas kasus ini, NBA memutuskan untuk menunda seluruh sisa pertandingan musim 2020. NBA sendiri belum menentukan hingga kapan akan menunda musim 2020. Tersiar kabar dari The Associated Press melaporkan bahwa NBA bakal memulai kembali musim dua pekan lagi.


Selain itu NBA, telah menyuruh tim yang bertanding menghadapi Utah Jazz dalam 10 hari belakangan ini untuk melakukan karantina sendiri terhadap pemainnya. Tim tersebut antara lain adalah Toronto Raptors, Boston Celtics, Detroit Pistons, New York Knicks, dan Cleveland Cavaliers.

Profil Rudy Gobert


Lahir pada 26 Juni 1992 di Saint-Quentin, Prancis Rudy Gobert merupakan pemain berposisi Center yang bermain bagi Utah Jazz. Dia juga merupakan pemain tim nasional basket Prancis. Sebagai pemain berposisi center, Gobert memiliki tinggi 2,16 cm dengan lebar tangan 2,36 m.


Darah basket Rudy Gobert mengalir dari sang ayah, Rudy Bourgarel seorang mantan pemain tim nasional basket Prancis tahun 1980-an. Karir profesional Gobert dimulai pada tahun 2010 bersama tim Cholet. Kemudian ia dipanggil membela Prancis di kejuaraan basket Eropa U-18. Pada kejuaraan ini ia berhasil memimpin dalam hal skor dan rebound.


Pada 2013, Gobert memutuskan untuk masuk NBA Draft. Dia berhasil membuat rekor ketika NBA Draft Combine untuk lebar tangan dan standing reach. Berkat itu Gobert mendapatkan julukan "Menara Penahan". Ia kemudian dipilih oleh Denver Nuggets sebagai pilihan no 27 sebelum akhirnya ditukar ke Utah Jazz.


Selama 7 tahun membela Utah Jazz, Rudy Gobert telah bermain 406 kali, dengan rata-rata poin 11,1, rebound 10,5, assist 1,3, steals 0,7, dan block 2,2 per game. Sepanjang karirnya di NBA Rudy Gobert berhasil masuk All Star 1x (2020), mendapatkan 2x NBA Defensive Player of The Year (2018 & 2019), All NBA Second Team (2017), All NBA Third Team (2019), 3x NBA All-Defensive First Team (2017 - 2019), 1x NBA Blocks Leader (2017), dan Pemain Terbaik Basket Prancis (2019).


Sedangkan prestasinya bersama tim nasional basket Prancis, Gobert menyabet 2x Perak Piala Dunia FIBA dan 1x Perak EuroBasket.



Simak Video "Naik 687 Kasus, Kasus Covid-19 di RI Jadi 25.216"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com