detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 13 Mar 2020 17:53 WIB

Akibat Pandemi Virus Corona, IBL Seri 7 2020 Ditunda

Muhammad Aminudin - detikSport
IBL IBL 2020 seri ketujuh ditunda. (Foto: detikcom/Muhammad Aminudin)
Malang -

Gelaran IBL 2020 seri 7 yang sedianya dihelat di GOR Bima Sakti, Kota Malang, ditunda. Keputusan ini dikeluarkan lantaran wabah virus Corona. Padahal, seluruh tim sudah datang dan bersiap untuk bertanding.

Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah menyatakan, keputusan menunda seri 7 yang digelar di GOR Bima Sakti dilakukan pada pukul 13.30 WIB tadi. Keputusan disampaikan langsung kepada seluruh tim yang akan bertanding di seri 7.

"Setelah banyak pertimbangan dalam tim, bicara dengan klub dan juga sponsor. Penundaan IBL seri 7 yang dimulai di Malang ini merupakan opsi yang paling baik," kata Junas kepada wartawan di GOR Bima Sakti Jalan S Supriyadi, Kota Malang, Jumat (13/3/2020), sore.

Dia mengaku, ada banyak hal yang sulit dikontrol oleh penyelenggara melihat dari perkembangan situasi terkini yang terjadi di dalam negeri maupun luar negeri.

"Tentu penundaan yang menjadi opsi terbaik, dan ini murni demi keselamatan pemain dan juga penonton, jangan sampai ada hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi," akunya.

"Jadi statusnya diberhentikan sementara, sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Kita minggu depan juga akan menggelar rapat bersama klub-klub, terkait kemungkinan dari kelanjutan IBL musim 2020 ini. Karena dua faktor, pertama dari sisi waktu dan yang kedua dari sisi kompetisinya," sambungnya.

Dia menambahkan, pertimbangan untuk memberhentikan seri 7 sudah dipikirkan sejak kemarin. Namun, banyaknya pihak yang terlibat dalam kompetisi IBL 2020, maka perlu waktu.

"Dan baru hari ini kita putuskan, karena hari ini game akan dimulai, pemain juga sudah banyak datang bersama klub. Jadi baru secara resmi kita umumkan tadi siang untuk dihentikan," imbuhnya.

Pihaknya tak memungkiri dari penundaan ini akan berdampak pada sisi material maupun non material. Tetapi, ini merupakan keputusan terbaik untuk semua yang terlibat di IBL.

"Tadi juga kami sampaikan pasti ada konseweksinya, baik itu material maupun non material, tapi kita melihat kedepan. Ini keputusan terbaik," tandasnya.

IBL seri 7 sebelumnya akan dihelat di Jakarta, tetapi karena wabah Corona dipindahkan ke GOR Bima Sakti, Kota Malang, mulai 13 sampai 15 Maret 2020 mendatang.

Hari ini, tiga jadwal pertandingan akan memulai seri 7 IBL 2020, yakni :

Pelita Jaya Jakarta vs Bima Perkasa Jogja (15.00 WIB)
Indonesia Patriots vs Pacific Surabaya (17.00 WIB)
Satya Wacana Salatiga vs Satria Muda Jakarta (19.00 WIB).

Sementara pada Sabtu (14/3/2020) :
Prawira Bandung vs NSH Jakarta (13.00 WIB)
Satria Muda Jakarta vs Louvre Surabaya (15.00 WIB)
Hangtuah Pelembang vs Pelita Jaya Jakarta (17.00 WIB)

Hari terakhir Minggu (15/3/2020) :

Louvre Surabaya vs Hangtuah Palembang (12.00 WIB)
Prawira Bandung vs Pacific Surabaya (14.00 WIB)
Satya Wacana Salatiga vs NSH Jakarta (16.30 WIB)
Pelita Jaya Jakarta vs Indonesia Patriots (19.00 WIB)



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com