detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 01 Apr 2020 18:10 WIB

Liga dan Klub Bahas Besaran Gaji Pemain Basket Pekan Depan

Mercy Raya - detikSport
IBL Liga dan Klub Bahas Besaran Gaji Pemain Basket Pekan Depan (dok. IBL)
Jakarta -

Usai menyetop kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) 2020, pihak liga berencana bahas soal gaji pemain dengan klub dan PP Perbasi. Dirapatkan pekan depan.

Rencana liga itu muncul seiring situasi yang belum kondusif akibat pandemi virus corona. Sebagai gambaran, liga disetop sampai waktu yang belum ditentukan sehingga hampir seluruh pemain dipulangkan.

Salah satu klub nasional, Satria Muda, memulangkan sebagian pemainnya untuk menjalani isolasi mandiri. Namun, masih ada beberapa juga yang tinggal di mess. Meski demikian, soal gaji sampai Maret kemarin tetap dibayar penuh. Mereka belum ada keputusan terkait kelanjutan hak pemain untuk bulan berikutnya karena April masih berjalan.

"Kami akan rapat dengan para manajer klub pekan depan sekaligus menginformasikan posisi kami dalam keadaan ini soal gaji," kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, kepada wartawan dalam sambungan telepon Rabu (1/4/2020).

Langkah yang diambil liga, sejatinya sudah dilakukan cabor lainnya yaitu sepakbola. Saat itu, PSSI memberi saran pemotongan gaji pemain dalam periode force majeur atau dari Maret sampai Juni. Setiap klub hanya membayarkan hak pemain sebesar 25 persen dari jumlah kontrak yang disepakati.


Menyikapi itu, Junas memilih untuk tidak berspekulasi. Dia ingin mendapat masukan dari klub lebih dulu.

"Untuk keterangan lebih lanjutnya seperti apa, kami belum bisa jawab dulh. Tidak enak nanti, biar mereka (klub) dengar dulu. Tapi yang pasti kami sudah membicarakan ini dengan PP Perbasi dan sudah ada pertimbangan untuk mengomunikasikan dengan klub," dia menjelaskan.



Simak Video "Jelang IBL 2020, Timnas Basket Boyong 3 Pemain Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com