detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 09 Apr 2020 22:31 WIB

Wabah Corona Tak Kunjung Reda, IBL 2020 Berpeluang Tak Dilanjutkan

Mercy Raya - detikSport
Logo IBL IBL 2020 berpeluang tak dilanjutkan karena virus corona. (Foto: ist.)
Jakarta -

Kompetisi IBL 2020 berpeluang tidak dilanjutkan jika wabah virus Corona belum reda sampai Juni.Demikian hasil rapat operator liga dengan manajer klub.

Rapat melalui melalui video conference itu berlangsung, Kamis (9/4/2020). Operator liga basket bersama manajer klub sempat membuat opsi melanjutkan kompetisi pada akhir Juni.

Namun, melihat situasi yang ada rencana itu sulit untuk diwujudkan sehingga perlu dicari solusi terbaiknya. IBL pun kembali memberikan dua opsi.

Opsi pertama melanjutkan kompetisi tapi langsung ke babak play off atau IBL ditiadakan tahun ini.

"Dua opsi itu mengacu pada perkembangan Juni nanti. Sebab, kelanjutan musim memerlukan waktu kesiapan, seperti persiapan latihan klub, mendatangkan dan pengurusan pemain asing, dan berbagai faktor operasional lainnya," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dalam rilis yang diterima detikSport.

"Tapi apabila situasi masih tidak memungkinkan sampai dengan waktu tersebut maka kompetisi kemungkinan IBL Pertamax 2020 tidak dapat dilanjutkan," ujarnya.

Meski masih melihat perkembangan, sebut Junas, pihaknya tetap menyiapkan konsep untuk babak play off terlepas kompetisi lanjut atau tidak.

Mereka berencana menggunakan format round robin. Dalam arti, peringkat 5 hingga 9 berdasarkan klasemen hingga seri keenam, sementara peringkat 1 hingga 4 menunggu di babak perempatfinal menghadapi empat peringkat terbaik babak play off.

Peringkat 1 akan melawan peringkat 4 play off, peringkat 2 berhadapan dengan peringkat 3 play off, peringkat 3 ditantang peringkat 2 play off dan peringkat 4 menghadapi peringkat 1 play off.

"Babak perempatfinal akan menggunakan sistem knock out begitu pula di babak semifinal. Babak final akan berlangsung dengan format best of three," tuturnya.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com