detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 27 Mei 2020 19:15 WIB

Menyambut New Normal, IBL Sudah Bisa Digelar?

Mercy Raya - detikSport
IBL 2020 Indonesia Patriots vs Louvre Surabaya Menyambut New Normal, IBL Sudah Bisa Digelar? (IBLIndonesia)
Jakarta -

Pemerintah kabarnya akan menerapkan new normal di bulan Juni. Merespon itu, operator IBL (Indonesian Basketball League) segera memutuskan kelanjutan liga di akhir Juni nanti.

IBL melalui rapat dengan klub pada April lalu telah memutuskan format serta waktu pelaksanaan kelanjutan musim 2020 selambatnya dimulai September.

Ada dua opsi yang kemungkinan akan diberlakukan. Opsi pertama liga digelar dengan penonton namun mengikuti protokol kesehatan ketat. Opsi lainnya, kompetisi bergulir tanpa penonton.

Namun, dalam prosesnya liga masih kesulitan memutuskan karena belum ada kebijakan resmi dari pemerintah, termasuk penerapan normal baru, juga pada tahap berapa kompetisi olahraga sudah bisa digulirkan. Diketahui pemerintah menyiapkan lima fase untuk penerapan pola hidup baru menghadapi pandemi virus corona.

"Kami masih akan melakukan beberapa pertemuan kembali dengan klub-klub pada akhir Mei sampai akhir Juni untuk menindaklanjuti situasi yang ada," kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, kepada detikSport, Rabu (27/5/2020).

"Tapi sampai ada keputusan baru, kami masih (berpegangan) pada hasil rapat April akhir lalu, sambil monitor perkembangan yang terjadi, baik dalam maupun luar negeri. Terutama juga menunggu arahan kebijakan pemerintah terkait imbauan kelanjutan kompetisi," ujarnya.



Junas mengatakan setiap opsi yang disiapkan terbuka untuk diterapkan. Hanya saja pilihan apakah digelar dengan atau tanpa penonton baru nanti diputuskan.

"Kalau dengan atau penonton, kami belum bisa putuskan karena imbauan pemerintah belum keluar resmi. Meskipun begitu kami tetap siapkan skenarionya," tuturnya.

"Misalnya jika musim berlanjut dengan new normal maka tata caranya kami godok. Seperti ketentuan pemain, cek suhu, kebersihan untuk tempat minum, bola, handuk, itu kami tingkatkan," dia menjelaskan.

"Sementara dari sisi penyelenggaraan, flow in/out penonton akan diatur, pembatasan jumlah penonton, itu yang kami antisipasi menuju new normal. Begitu pula dengan keselamatan dan keamanan kami siapkan skenarionya baik dengan atau tanpa penonton. Kami juga sedang mengomunikasikan hal ini dengan sponsor satu per satu," dia menambahkan.

"Tapi apa keputusannya ya lihat imbauan dari pemerintah seperti apa nanti," ujarnya.



Simak Video "Jelang IBL 2020, Timnas Basket Boyong 3 Pemain Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com