detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 04 Jun 2020 13:33 WIB

NBA Bergulir Lagi 31 Juli, Cuma 22 Tim Ikut?

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Oct 29, 2019; Los Angeles, CA, USA; Los Angeles Lakers forward Anthony Davis (3) drives to the basket as Memphis Grizzlies forward Kyle Anderson (1) defends during the first quarter at Staples Center. Mandatory Credit: Richard Mackson-USA TODAY Sports NBA lanjut lagi 31 Juli dan cuma diikuti 22 tim (Richard Mackson-USA TODAY Sports)
New York -

NBA 2019/2020 tampaknya masih akan dilanjutkan sekitar akhir Juli. Kabarnya hanya akan ada 22 tim yang ikut di sana. Kok bisa?

NBA sudah dihentikan sejak Maret lalu karena pandemi virus corona. Sempat ada isu kalau NBA musim ini akan dibatalkan karena Amerika Serikat kini jadi negara dengan jumlah pasien COVID-19 terbanyak di dunia.

Tapi, hal itu tidak akan terjadi karena NBA sepertinya sudah menemukan titik temu dengan klub-klub terkait kelanjutan musim. Menurut wartawan ESPN sekaligus insider NBA Adrian Wojnarowski, ada format baru bakal dipakai.

Nantinya format itu hanya akan berisikan 22 tim, terdiri dari 16 tim yang menempati posisi zona play-off di masing-masing wilayah saat kompetisi dihentikan.



Dari Wilayah Timur ada Milwaukee Bucks, Toronto Raptors, Boston Celtics, Miami Heat, Indiana Pacers, Philadelphia 76ers, Brooklyn Nets, dan Orlando Magic.

Sementara dari Wilayah Barat ada Los Angeles Lakers, Los Angeles Clippers, Denver Nuggets, Utah Jazz, Oklahoma City Thunder, Houston Rockets, Dallas Mavericks, dan Memphis Grizzlies.

Sisa enam tim adalah mereka yang masih punya peluang lolos ke playoff seperti New Orleans Pelicans, Portland Trail Blazers, Phoenix Suns, Sacramento Kings, dan San Antonio Spurs dari Barat, lalu Washington Wizards dari Timur.

Sebelum masuk playoff, tim-tim di atas akan bermain delapan kali kali untuk menentukan posisi unggulan di babak itu. Jika nantinya tim peringkat delapan unggul empat laga atas tim peringkat kesembilan, maka mereka akan langsung lolos.



Jika tim peringkat delapan cuma unggul kurang dari empat laga, maka akan turnamen mini untuk menentukan siapa tim yang menempati posisi kedelapan.

Semua pertandingan NBA akan dihelat di Walt Disney World, Orlando. Nantinya para pemain, pelatih, anggota tim, dan seluruh personel pertandingan akan dikarantina di resort hiburan tersebut.

Mereka semua akan menjalani tes COVID-19 secara berkala. Jika ada yang positif maka individu itu akan dipisahkan dari karantina tim. Setelah dimulai 31 Juli, NBA rencananya akan rampung pada 21 Oktober.



Simak Video "NBA 'Terinfeksi' Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com